Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Melalui Kegiatan Belajar Sambil Bermain Di RW 04 Kampung Cisaid Desa Patrolsari

Authors

  • Kelompok22 Kelompok22 Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Eliya Fadila UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Astri Sulastri
  • Mughni Athoilah
  • Muhammad Sofyan

Keywords:

Motivasi Pendidikan, Kampung Cisaid, Bermain Sambil Belajar, pengabdian, KKN Sisdamas, Program Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Abstract

Di daerah pedesaan Indonesia, seperti RW 04 Kampung Cisaid Desa Patrolsari, tantangan dalam meningkatkan motivasi belajar anak dapat menjadi lebih kompleks karena berbagai faktor seperti akses terbatas ke sumber daya pendidikan, kurangnya dukungan keluarga, dan minimnya minat anak-anak terhadap proses belajar. Salah satu pendekatan yang menarik adalah melalui kegiatan belajar sambil bermain, yang diharapkan dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan produktif sambil membangun keterampilan sosial dan kreativitas anak-anak.Penelitian ini mencermati upaya meningkatkan motivasi belajar anak di RW 04 Kampung Cisaid Desa Patrolsari melalui kegiatan belajar sambil bermain. Pendekatan yang digunakan adalah metode belajar sambal bermain. Kegiatan ini melibatkan anak-anak, komunitas RW, dan keluarga mereka. Artikel ini menguraikan empat tahap pelaksanaan KKN Reguler Sisdamas Moderasi Beragama, yang mencakup sosialisasi, pemetaan sosial, perencanaan partisipatif, dan pelaksanaan program dengan pemantauan dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini adalah peningkatan motivasi belajar anak-anak. Kegiatan ini berlangsung selama sebulan dengan materi yang beragam, termasuk pengenalan diri, macam-macam profesi, pentingnya pendidikan, dan kegiatan kreatif lainnya. Kolaborasi dengan karang taruna dan perlombaan berhasil mengatasi kebosanan anak-anak.

References

Endang Lestari. (2020). Cara Paraktis Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Deepublish.

Gunawan, A. R., & Aisah, S. (2018). Membangun karakter kebangsaan melalui pendidikan multikutural berbasis al-qur’an. Journal Of Elementary Education, 90–104.

Gunawan, A. R., & Amalia, R. (2022). Peran guru pai dalam bimbingan konseling siswa bermasalah di sma 1 tambun utara kabupaten bekasi. Eduprof: Islamic Education Journal, 2, 32–47.

Hanum, U. L., Masturi, & Khamdun. (2022). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar Di Desa Bandungrejo Kalinyamatan Jepara. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2445–2446.

Nurdiani Yani. (2017). Penerapan Prinsip Bermain Sambil Belajar dalam Mengembangkan Multiple Inteligencia Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Empowement, 2, 2.

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Kelompok22, K., Fadila, E., Astri Sulastri, Mughni Athoilah, & Muhammad Sofyan. (2023). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Melalui Kegiatan Belajar Sambil Bermain Di RW 04 Kampung Cisaid Desa Patrolsari. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(4), 384–394. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3025