Pemberdayaan Guru Dan Pemenuhan Kebutuhan Belajar Anak Usia Dini Dengan Metode Fun Learning

Authors

  • Muhamad Asep Ridwan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Farhan Fadlan Firdaus UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mohamad Rinaldi Nugroho UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Egi Ayu Lestari UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dadan Anugrah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pemberdayaan, Guru, Fun Learning, Pembelajaran

Abstract

Guru Paud Mawar Dampit masih menggunakan metode pembelajaran tradisional, siswa kurang dilibatkan dalam proses pembelajaran di kelas, sebagian besar siswa hanya mendengarkan guru, tetapi sebenarnya siswa tidak memahaminya. Pemberdayaan guru adalah interaksi dimana guru menjadi siap untuk terlibat, berbagi, dan mempengaruhi yang pada akhirnya akan secara tegas mempengaruhi kehidupan mereka. Pembelajaran yang inovatif, layak, dan menyenangkan adalah pembelajaran yang dibutuhkan anak-anak saat ini. Istilah ini dikenal sebagai fun learning, di mana pembelajaran yang menyenangkan pada saat ini merupakan satu landasan dalam membuat pembelajaran untuk semua pendidikan berjenjang baik yang bersifat umum maupun bersifat khusus. Tujuan dari KKN-DR yang dilaksanakan di Dusun Dampit, Desa Cijambe, Kecamatan Cijambe, Kabupaten Subang adalah untuk memberdayakan pendidik dan memenuhi kebutuhan anak usia dini dengan metode FL. Metode pengabdian yang digunakan adalah metode pemberdayaan dan partisipatif pada kelompok masyarakat yang menjadi sasaran. Metode FL yang dilakukan oleh anggota KKN membuahkan hasil positif dan mempengaruhi pembelajaran anak usia dini di Dusun Dampit.

 

References

Anwar, Ilham. 2010. Pengembangan Bahan Ajar. Bahan Kuliah Online. Direktori UPI: Bandung.

Asmani, J.M. 2014. 7 Tips Aplikasi PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangakan). Jogjakarta: DIVA Press.

Devi, V. C., Muncarno, M., & Yulina, H. 2019. Pengaruh Ice Breaker Jenis Games terhadap Hasil Belajar Tematik. Jurnal Pedagogi.1(3).

Hidayah, Isti. & Latiana, Lita. & Soesilowati, Etty. 2016. Pemberdayaan Pendidik Paud Dalam Pembelajaran Matematis Untuk Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Di Kabupaten Brebes. Rekayasa, 14 (2), 127-134.

Isnaini, Dwi Indri. 2019. Pengaruh Fun Book Learning Terhadap Perkembangan Anak. Buah Hati, 6 (2), 98-104.

Layyinah, Leni. 2017. Menciptakan Pembelajaran Fun Learning Based on Scientific Approach dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik pada Pembelajaran PAI. Jurnal Tarbawy. Vol 4, Nomor 1, Hal: 1-9

Mohammad Jauhar. 2011. Implementasi PAIKEM dari Behavioristik sampai Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya

Ramadhan, Satria Fajar. 2014. Pengembangan Media Lembar Kerja Siswa (LKS) Edukatif untuk Siswa Kelas-B TK Negeri Pembina Prigen. Jurnal Pendidikan Seni Rupa. Volume 2, Nomor 3, Hal: 127-133.

Uno, Hamzah B. dan Nurdin Mohamad. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahid, Abdul. 2018. Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal Istiqra’. Volume V, Nomor 2, Hal:1-11.

Wahyuni, T. 2019. Pengaruh Pemberian Ice Breaker Dan Reward Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Mi Plus Al-Huda Jeruk Selopuro Blitar. Tulungagung: IAIN Tulungagung.

Widodo, W. & Sriyono, Heru. 2020. Strategi Pemberdayaan Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Faktor Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7 (1), 7-12.

Downloads

Published

2021-11-06

How to Cite

Ridwan, M. A. ., Firdaus, F. F. ., Nugroho, M. R. ., Lestari, E. A. ., & Anugrah, D. . (2021). Pemberdayaan Guru Dan Pemenuhan Kebutuhan Belajar Anak Usia Dini Dengan Metode Fun Learning . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(23), 151–169. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/300

Issue

Section

Articles