Optimalisasi Pengelolaan dan Pengolahan Sampah menjadi Ecoenzym dan Bahan Bakar Minyak bagi Masyarakat

Authors

  • Kristi - UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ibnu Fawwaz UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Yusup Hidayat UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Fuel oil, Coenzyme, Waste, Workshop

Abstract

Sampah merupakan sisa kegiatan manusia yang sudah tidak terpakai dan tidak memiliki nilai guna. Keberadaan sampah masih menjadi problematika yang sangat kompleks, baik dari segi kuantitas maupun dampkanya terhadap lingkungan. Oleh karena itu, perlu adanya optimalisasi dalam pengelolaan dan pengolahan sampah secara efektif, salah satunya dengan cara menjadikannya sebagai produk yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis optimalisasi pengelolaan dan pengolahan sampah menjadi ecoenzyme dan bahan bakar minyak bagi masyarakat desa Baros. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pendekatan deskriptif dipilih karena relevan dengan tujuan penelitian ini yaitu untuk menyelidiki dan mengungkapkan strategi atau program dalam mengelola dan mengolah sampah. Adapun jenis data dalam penelitian ini yaitu data kualitatif yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi kegiatan workshop. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa workshop tentang pengelolaan dan pengolahan sampah menjadi ecoenzyme dan bahan bakar minyak sangat berguna bagi masyarakat desa Baros dalam upaya mengurangi dampak negatif sampah. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sebagian masyarakat desa Baros belum memiliki pengetahuan yang baik dalam mengelola dan mengolah sampah, sehingga pembuatan ecoenzyme dan bahan bakar minyak dari sampah menjadi alternatif yang cukup efektif dan efisien

References

Dewi, Yusma, dan Rahajo Trisno. “Aspek Hukum Bahaya Plaastik terhadap Kesehatan dan Lingkungan serta Solusinya.” Jurnal Kosmik Hukum 19, no. 1 (2019): 23.

Megah, S. I, D. S Dewi, dan E Wilany. “Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga Digunakan untuk Obat dan Kebersihan.” Minda Baharu 2, no. 1 (2018): 50.

Purwaningrum, Pramiati. “Upaya Mengurangi Timbulan Sampah Plastik di Lingkungan.” JTL 8, no. 2 (2016): 141-147.

Rimantho et, al. “Peningkatan Pengetahuan Pengelolaan Sampah pada Masyarakat.” Jurnal Masyarakat Mandiri, 2023: 3899-3909.

Rosmi, Fitria dkk. “Upaya Meningkatkan Pengetahuan dalam Memanfaatkan Sampah Plastik melalui Kerajinan Bunga dari Kantong Kresek di RT 001.” Jurnal Universitas Muhammadiyah Jakarta, 2018: 2.

Syafruddin, S, S Suprianto, dan B Dwiyanto Pamungkas. “Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah Berbasis Komunitas (Community Based) melalui Pembentukan Bank Sampah di Desa Brang Kolong Kecamatan Plampang Kabupaten Sumbawa.” Jurnal Pengembangan Masyarakat Lokal 3, no. 2 (2023): 160-167.

Tama et, al. “Pelatihan dan Penyuluhan tentang Pengolahan Sampah Organik dan Anorganik Berbasis Zero Waste.” PROGRESIF: Jurnal Pengabdian Komunitas Pendidikan 3, no. 1 (2023): 31-40.

Winda, Putri dkk. “Edukasi "Minim Plastik" sebagai Wujud Cinta Lingkungan di SDN Pejaten Timur 20 Pagi.” Jurnal Pengabdian Masyarakat 16, no. 1 (2020): 43.

Downloads

Published

2023-11-15

How to Cite

-, K., Fawwaz, I., & Hidayat, Y. (2023). Optimalisasi Pengelolaan dan Pengolahan Sampah menjadi Ecoenzym dan Bahan Bakar Minyak bagi Masyarakat. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(7), 286–300. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2982