Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kegiatan Pembelajaran Guna Membentuk Karakter Generasi Muda Di SDN Sukamaju 01

Penulis

  • Dian Mutia Sukmawati UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Desi Nurfitri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Silvi Alviani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Minan UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Implementasi, Pancasila, Sekolah

Abstrak

Setiap penduduk metropolitan, termasuk yang tinggal di pedesaan dan pedalaman, wajib mengenyam pendidikan. Saat ini Indonesia harus menanamkan prinsip-prinsip Pancasila kepada siswa sejak awal agar mereka memahami Pancasila yang merupakan dasar negara kesatuan Republik Indonesia. Hal ini diperlukan seiring Indonesia memasuki era digitalisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi seberapa baik kegiatan pembelajaran SDN Sukamaju 01 yang menanamkan nilai-nilai Pancasila. Metode yang digunakan adalah metode terapan yang mana jenis motede ini hasilnya didapat secara langsung untuk memecahkan permasalahan yang tengah dihadapi. Temuan dan kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kegiatan pendidikan sangat penting untuk dilakukan, salah satunya di SDN Sukamaju 01. Model yang dipergunakan yaitu saat penyampainya menggunakan kosa kata sehari-hari agar mudah diterima oleh peserta didik, mudah dimengerti, dan mudah untuk dilakukan bagi siswa. Setiap siswa di SDN Sukamaju 01 telah berkontribusi dalam menyukseskan penerapan cita-cita Pancasila di lingkungan sekolah dan dalam kehidupan sehari-hari.

Referensi

Aceh, B., & Rahmawati, S. (2023). Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Pada Peserta Didik Di SD. In Elementary Education Research Bulan Agustus Tahun (Vol. 8, Issue 3). http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/index

Bea, J., Program, K., Pendidikan, S., Inggris, B., Bahasa, F., & Seni, D. (2022). PENERAPAN NILAI PANCASILA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR Application of Pancasila Value in Learning Process in Elementary School (Vol. 1, Issue 2). https://journal.unindra.ac.id/index.php/jagaddhita

Handayani, F., Melan Sari, A., Hamida, A., Mariana, R., Khusnul Azam, M., & Efendi, Y. (2023). Optimalisasi penerapan nilai-nilai Pancasila dalam pengabdian kepada masyarakat di Desa Talang Lindung. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuludin Adan Dan Dakwah.

Hidayat, N. (2015). PERAN DAN TANTANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA GLOBAL. El-Tarbawi, 8(2), 131–145. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol8.iss2.art2

Khalimatu Sa, M., & Anggraeni Dewi, D. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambunasai, 6(2).

Riafadilah, A., Dermawan, H., Andi, H., Hafman, A., Nisa, I., Fatahillah Bogor, S., Tengah, K., Cileungsi, K., Bogor, K., Barat, J., Darunnajah Bogor, S., Cipining Rt, K., & Argapura Kec Cigudeg -Kab Bogor -Prov Jawa Barat, D. (2022). Nilai-Nilai Pancasila dalam Meningkatkan Sikap Nasionalisme di Sekolah Dasar. Journal on Education, 04(04), 1393–1400.

Wahyono, I. (2018). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SDN 1 SEKARSULI. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-01

Cara Mengutip

Dian Mutia Sukmawati, Nurfitri, D. ., Alviani, S., & Minan, M. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kegiatan Pembelajaran Guna Membentuk Karakter Generasi Muda Di SDN Sukamaju 01. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(5). Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2968