Strategi Pembelajaran dalam Menanamkan Nilai-Nilai Islam Melalui Pembisaan di MI Muslimin Ciririp dan SMP YPII Cililin Desa Mukapayung

Authors

  • Athaya Farah Nursyahla UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Aeni Salsabila UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Putri Tsani Sayidah Fitriani UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Mengajar, Pembiasaan, Mukapayung

Abstract

Salah satu permasalahan yang ada di masyarakat Mukapayung RW 04, Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat adalah kurangnya edukasi kepada para pserta didik dalam menanamkan nilai-nilai islam, oleh karena itu diterapkan metode pembiasaan potensi agar terbentuk karakter islami. Beberapa upaya penulis agar terlaksananya program tersebut adalah :1) Untuk membantu proses belajar mengajar; 2) Untuk mewujudkan peserta didik yang berakhlak baik, berkarakter, kreatif dan inovatif; 3) Untuk mendorong dan memotivasi anak-anak agar semangat dalam belajar dan meraih prestasi. Hasil dari mengajar adalah anak-anak antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Dan juga dapat membantu dan menggantikan guru yang berhalangan hadir. Serta membantu peserta didik dalam mengerjakan soal-soal latihan yang diberikan saat kegiatan pembelajaran di sekolah.

References

Ansori, R. A. M. (2017). Strategi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Peserta Didik. Jurnal Pusaka, 4(2), 14-32.

Arief, Armai. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press.

Daradjat, Zakiyah. 1996. Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: Bulan Bintang

Et, Al, Olivia. (2017). Sikap Religius Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(1),7-9.

Fadlillah, Muhammad dan Khorida, Lilif Mualifatu. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep dan Aplikasinya dalam PAUD, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Fauzi, Muhammad. 2016. Jurnal Pendidikan Al-Ibrah vol. 1 no. 1.

Muhammad, I., & Septiawan, S. (2021). Penerapan Metode Pembiasaan Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sultra Elementary School, 2(2), 139-148.

Nata, Abuddin. (2005). Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Gaya Media Pratama.

Downloads

Published

2023-11-15

How to Cite

Nursyahla, A. F., Salsabila, A., & Fitriani, P. T. S. (2023). Strategi Pembelajaran dalam Menanamkan Nilai-Nilai Islam Melalui Pembisaan di MI Muslimin Ciririp dan SMP YPII Cililin Desa Mukapayung. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(6), 151–163. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2962