Implementasi Kegiatan Keagamaan Di Desa Ciasem Tengah dalam Membentuk Karakter Masyarakat yang Religius (Studi Penelitian di Dusun Marjim, Kabupaten Subang)

Authors

  • Devina Apriliyani UIN sunan gunung Djati bandung
  • Annisa Nur Azzahra UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
  • Nandi Nursamsi UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Keywords:

Karakter Religius, Masyarakat, KKN, Ciasem Tengah

Abstract

Agama adalah sebuah doktrin dan ajaran yang harus ditaati dan dijalankan tanpa menerobos ranah ideologi dan kepercayaan orang lain serta menjadi faktor pemersatu dalam mewujudkan masyarakat yang damai. Agama juga menjadi sebuah kekuatan untuk memotivasi perubahan sosial di masyarakat, karena agama dapat mempersatukan umat banyak orang. Oleh karena itu, aktivitas keagamaan memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat beragama, meningkatkan pemahaman mereka tentang agama dan moral, serta meningkatkan rasa persatuan dan solidaritas dalam komunitas. Sehingga, menghasilkan masyarakat yang religius dari pola perilaku, interaksi sosial, dan pengamalan ajaran agama oleh orang-orang yang berada dalam satu lingkungan tersebut. Penelitian KKN ini menggunakan metode Pengabdian Sisdamas berbasis pemberdayaan dan metode deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif berupa observasi dan wawancara. Dengan demikian, masyarakat Desa Ciasem Tengah khususnya Dusun Marjim melakukan kegiatan bidang keagamaan dalam bentuk melaksanakan pengajian rutinan, salat berjama’ah dan tabligh akbar. Kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan karakter religius masyarakat Dusun Marjim.

References

Afri, Fauzan. 2023. Penanaman Nilai-Nilai Karakter Religius Melalui Kegiatan Esktrakulikuler Rohis Di MTS Muhammadiyah Sulit Air. (Batusangkar: IAIN Batusangkar)

Ananda, Dilla, dkk. Peran Aktivitas Keagamaan Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Peningkatan Religiusitas Masyarakat Di Desa Girimukti Cianjur Selatan (Studi Penelitian Di Desa Girimukti, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur), (Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2021)

Annisa, Kamilah. Optimalisasi Kegiatan Keagamaan Di Era Pandemi Covid-19 Pada Masyarakat RW 06 Kampung Jati, Desa Pasirbiru, Kec. Cibiru, Bandung, (Bandung, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2021)

Aristanti, Suci. Strategi Pembentukan Karakter Religius Melalui Kegiatan Keagamaan Di Sekolah Menengah Pertama (Studi Multisitus di SMPN 1 dan 2 Jombang). (Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim,2020)

Djuned, Daniel & dkk. 2003. Kerukunan Umat Beragama; substansi dan realitas nilai-nilai universal keagamaan, Banda Aceh : Dinas Syariat Islam Provinsi NAD.

Effendi, Hasram. Efektivitas Pengajian Rutin Terhadap Peningkatan Religiusitas Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 2 Sawit Boyolali, (Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2022), Vol. 6, No. 2.

Hamdan Daulay, dkk., Covid-19 Dan Transformasi Keberagamaan, (Yogyakarta: Lembaga Ladang Kata, 2020) Hastjarjo, Dicky, Sekilas Tentang Kesadaran (Consciousness), Buletin Psikologi, Volume 13, No. 2, Desember 2005

Ida Zusnani. 2012. Manajemen Pendidikan Berbasis Karakter Bangsa. Jakarta: Tugu

Kristiana, Heny. Kegiatan Religiusitas Masyarakat Marginal Di Argopuro, (Kudus: STAIN Kudus, 2019), Vol. 1, No. 2.

Misrah, 2020, Kebebasan Beragama Dalam Persfektif Hadis, Miqot Jurnal Ilmu- ilmu Keislaman Vol. 34, No. (2)

Siswanto, 2019, Panduan Praktis Organisasi Remaja Masjid. Jakarta: Pustaka Al- Kautsar

Taib Tahir Abd Muin. Membangun Islam. (Bandung, PT. Rosda Karya 1996).

Tim Penulis KKN SISDAMAS UIN SGD Bandung, 2023. Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata (KKN SISDAMAS) Moderasi Beragama. Bandung: LP2M UIN SGD Bandung

Yusuf, Choirul Fuad. 2019. Peran Agama Terhadap Masyarakat Studi Awal Proses Sekularisasi Pada Masyarakat Muslim Kelas Menengah. Jakarta: Badan Litbang Agama Dan Diklat Keagamaan

Downloads

Published

2023-09-12

How to Cite

Apriliyani, D. ., Azzahra, A. N., & Nursamsi, N. (2023). Implementasi Kegiatan Keagamaan Di Desa Ciasem Tengah dalam Membentuk Karakter Masyarakat yang Religius (Studi Penelitian di Dusun Marjim, Kabupaten Subang) . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(1), 32–48. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2946