Analisis Pengembangan Industri Tempe di Desa Situwangi Kabupaten Bandung Barat

Authors

  • Tiara Oktaviani Shidik Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Ahmad Aufa Mustahdi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Risma Dwi Agustine Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • T. Tutut Widiastuti Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

Keywords:

Analisis Pengembangan, Industri Tempe, Desa Situwang

Abstract

Penelitian ini berfokus pada evaluasi pengembangan industri tempe yang berlokasi di Desa Situwangi Kabupaten Bandung Barat. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi aspek positif, negatif, peluang, dan tantangan yang relevan dalam merancang strategi pengembangan bagi industri tempe di Desa Situwangi Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif, dengan metode pengumpulan data yang mencakup wawancara dengan pemilik usaha, observasi lapangan, dan review literatur. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan kerangka kerja SWOT, yang bertujuan untuk mengoptimalkan kekuatan dan peluang yang ada, sambil mengurangi kelemahan dan menghadapi potensi ancaman. Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa faktor yang teridentifikasi sebagai keunggulan utama adalah produk berkualitas tinggi dan potensi pertumbuhan yang besar, didorong oleh tingkat konsumsi tempe yang tinggi. Sementara itu, kelemahan utamanya adalah faktor produksi yang masih manual dan pada aspek pemasaran.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Hender, K. K. (2022). ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TAHU DAN TEMPE DI UMKM ANDI MAPPATOBA KECAMATAN MALINAU KOTA KABUPTEN MALINAU.

Jatmiko, R. (2008). Pengantar Bisnis. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press.

Kotler, P. (2007). Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Rangkuti, F. (2015). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sutrisno, E. (2006). STUDI PROFIL INDUSTRI TEMPE BERDASARKAN TINGKAT KESUKSESAN (Studi Kasus Industri Tempe di Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor).

Yenni Agustina, Fatma Khaira. (2020). ANALISIS PENGEMBANGAN HOME INDUSTRY KERUPUK TEMPE DI DESA KUBU KECAMATAN PEUSANGAN SIBLAH KRUENG KABUPATEN BIREUEN (Studi Kasus Usaha Bapak Mulyadi). Jurnal Sains Ekonomi dan Edukasi, 44-53.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Shidik, T. O., Ahmad Aufa Mustahdi, Risma Dwi Agustine, & T. Tutut Widiastuti. (2024). Analisis Pengembangan Industri Tempe di Desa Situwangi Kabupaten Bandung Barat. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(7), 162–168. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2944

Issue

Section

Articles