Pengaruh Penerapan Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN Gunung Putri Desa Weninggalih

Authors

  • ulfah fauziyah Mahasiswa
  • Raissa Rahmania Putri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rafly Aditama Al Faruqi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

SDN Gunung Putri, Ice Breaking, Siswa kelas VI

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain post-test only control design untuk menginvestigasi pengaruh penerapan ice breaking dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SDN Gunung Putri, Kabupaten Bandung Barat, dengan populasi siswa kelas VI dan sampel terdiri dari dua kelompok: kelompok eksperimen yang menerima perlakuan ice breaking dan kelompok kontrol yang tidak menerima perlakuan. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir (post-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok kontrol yang tidak menerima ice breaking memiliki sebagian besar siswa dengan nilai rendah (di bawah 80), sementara kelompok eksperimen yang menerima ice breaking memiliki sebagian besar siswa dengan nilai di atas 80. Hasil ini mengindikasikan perubahan yang signifikan dalam hasil belajar siswa setelah penerapan ice breaking dalam pembelajaran. Pengamatan selama proses pembelajaran juga menunjukkan bahwa siswa yang menerima ice breaking lebih aktif dan antusias dalam kegiatan belajar. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan ice breaking dalam pembelajaran memiliki dampak positif pada hasil belajar siswa dan meningkatkan daya serap mereka. Oleh karena itu, ice breaking dapat dianggap sebagai metode pembelajaran yang efektif untuk menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan menyenangkan.

References

http://r2kn.litbang.kemkes.go.id:8080/handle/123456789/62880.

Harianja, May Muna, and Sapri. “Implementasi Dan Manfaat Ice Breaking Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 1 (2022): 1324–30. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2298.

Rosmalah, Hasdiana, and Satriani. DH. “Pengaruh Ice Breaking Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 10 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone.” JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan 3, no. 3 (2019): 204. https://doi.org/10.26858/jkp.v3i3.10217.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

fauziyah, ulfah, Putri, R. R., & Al Faruqi, R. A. (2024). Pengaruh Penerapan Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN Gunung Putri Desa Weninggalih . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(7), 156–161. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2941

Issue

Section

Articles