Upaya Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Dalam Menghadapi Pembelajaran Jarak Jauh Di Rw015 Taman Rinjani Puri Cendana

Authors

  • Melia Nanjar Safitri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Asep Saeful Mimbar UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pendidikan, Bimbingan Belajar, Pandemi

Abstract

Salah satu bidang yang terdampak adanya pandami Covid-19 ini adalah bidang pendidikan. Semua kegiatan pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA hingga perkuliahan dilakukan secara daring (online) dari rumah. Hal ini pula yang menyebabkan orang tua mendapatkan peran dadakan baru sebagai guru. Banyak orang tua yang mengalami kesulitan dalam membantu membimbing proses belajar anaknya. Tetapi banyak pula orang tua yang senang hati mengajarkan anak-anaknya. Oleh karena itu untuk membantu para orang tua yang kesulitan, diadakanlah kegiatan bimbingan belajar. Kegiatan ini bertujuan untuk memudahkan siswa yang kurang mengerti terhadap pelajaran yang disampaikan oleh gurunya. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah dengan sistem pemberdayaan masyarakat. Dimana mahasiswa meminta izin kepada orang tua terlebih dahulu karena akan dilaksanakan secara tatap muka dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Kegiatan ini pun sangat disambut baik oleh masyarakat.. Selama kegiatan ini berlangsung siswa dapat menanyakan langsung kepada mahasiswa. Hasil dari kegiatan ini pun siswa dapat memahami tentang pelajaran yang kurang dipahami. Masyarakat sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini.

 

References

Tim Penulis KKN-DR Sisdamas UIN Bandung, 2021. Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN DR Sisdamas) Pengabdian di Masa Pandemi Bermitra dengan Satgas Covid-19. Bandung : LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Cahyo, Muhammad Dwi., Aura Rindlasty, S., Kusnia., Nur Safitri., Dwi Ulfatus Sholihah. (2020). Studi Empiris Dampak Covid Terhadap Tingkat Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Berbasis Daring di Kabupaten Blora. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Bayu, Octavian., Diah Muthoharoh., Stephen Sola Findhe, Shavira Rahmadani, Zainuna Ramadhani. 2020. Kegiatan Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Menghadapi Covid-19. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Hasanah, Anggi Ulul., Tiyan Puji A., Elyana N.S., Sumanto., Dheny N.S. 2020. Bimbingan Belajar : Solusi Belajar Siswa di Masa Pandemi. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Diniati, Rita., Adistya Ananda K., Utami W., Vittary A.P. 2020. Efektivitas Pendampingan Bimbingan Belajar di Rumah Selama Pandemi Covid-19 Terhadap Peningkatan Movitasi Siswa. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Damarhati, Harris., Rizki P., Wahyu K.T., Wuri D.R., Sri S. 2020. Analisis Peran Pengabdian Bimbingan Belajar Gratis dalam Membantu Aktivitas Belajar Mandiri Anak dimasa PSBB. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Downloads

Published

2021-11-06

How to Cite

Safitri, M. N. ., & Mimbar, A. S. . (2021). Upaya Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Dalam Menghadapi Pembelajaran Jarak Jauh Di Rw015 Taman Rinjani Puri Cendana. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(23), 41–51. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/293

Issue

Section

Articles