Pemberdayaan Lingkungan Madrasah Diniyah Awaliyah Desa Sinaman II Melalui Kegiatan Benah Desa

Authors

  • Lisa Agustina Rahmadani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Rafi Kaimudin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nurul Hafifah Pulungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rima Rizky Melati UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pemberdayaan, MDA,, Sinaman II

Abstract

Desa Sinaman II merupakan desa yang terletak di Kabupaten Simalungun, Kecamatan Pamatang Sidamanik, Provinsi Sumatera Utara. pekerjaan masyarakat penduduk desa Sinaman II mayoritas adalah berladang. Penganut agama desa Sinaman II adalah 80% Muslim berbanding 20% non-muslim. Anak-anak desa sinaman II selain belajar biasanya membantu orangtuanya berladang. Masyarakat sinaman II menginginkan pemahaman keagamaan bagi anak-anaknya. Oleh sebabnya, lahirlah Madrasah diniyah awaliyah Al-ikhlas desa Sinaman II sebagai wadah bagi anak untuk menambah ilmu keagamanaan. Pandemi covid membuat aktifitas Madrasah terhenti.Akibatnya banyak fasilitas pembelajaran yang tidak layak lagi dipakai, dinding kotor, kelas berdebu, serta penataan ruang kelas tidak efektif.Oleh sebabnya, penelitian pengabdian ini terfokus pada masalah yang timbul pada MDA Al-Ikhlas Desa Sinaman II. Masalah-masalah itu didapat melalui survey (refleksi sosial) kepada beberapa elemen masayarakat. Keberhasilan dalam penelitian ini menitik beratkan pada kenyamanan peserta didik dalam kegiatan belajar. Seperti membuat muralisasi, melakukan pengecatan fasilitas MDA, kebersihan kelas, serta melakukan membuat taman mini melalui penanaman berbagai macam tanaman di sekitar lingkingan Madrasah. Metode dan pendekatan yang dilakukan dalam pengabdian (pemberdayaan) ini adalah metode Participation action research. Metode ini memberikan pengarahan kepada peneliti agar berupaya terhubung dengan agenda perubahan di tengah-tengah masyarakat dalam menciptakan kondisi yang diharapkan, melalui partisipasi warga secara aktif.

 

References

Mengatasi Kecemasan Menghadapi Covid-19 . Karya Tulis Ilmiah LPPM UIN Sunan Gunung Djati Bandung .

Majid, A. (2005). Pendidikan Agma Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munardi. (2004). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta Pusat: Bina Ilmu.

Muttaqin. (2010). Keterampilan Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Mranggen. Semarang: IAIN Walisongo.

Nurdin, Hatijah, & dkk. (2021). Mural Sebagai Media Edukasi dan Perbaikan Visual Sekolah di SMA Negeri 4 Jeneponto. Jurnal Lepa-Lepa Open , 1 (2), 263-272.

Ormord, J. E. (2009). Psikologi Pendidikan Membantu Peserta Didik Tumbuh Berkembang. Jakarta: Erlangga.

Rahmat, abdul, & mirnawati, m. (2020). Model Participation Action Research dalam Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal , 6 (1), 62-71.

Sagala, S. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Tafsir, A. (2004). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Uno, H. B. (2010). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Yono, Rusmana, I., & Noviyanty, H. (2020). Psikoterapi Spiritual dan Pendidikan Islam dalam mengatasi Gangguan Anciety Disorde disaat dan Pasca Covid 19. Jurnal Sosial dan Budaya Syar'i , 7 (7), 649-658.

Downloads

Published

2021-11-06

How to Cite

Rahmadani, L. A. ., Kaimudin, M. R. ., Pulungan, N. H. ., & Melati, R. R. . (2021). Pemberdayaan Lingkungan Madrasah Diniyah Awaliyah Desa Sinaman II Melalui Kegiatan Benah Desa. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(23), 27–40. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/292

Issue

Section

Articles