Pengentasan Buta Huruf Al-Qur’an Melalui Pembuatan Program Belajar Baca Tulis Al-Qur’an yang Diterapkan di Majelis Baitul Yatim

Authors

  • Novita Widyanti UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nurlita Julfa Fitria UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mochamad Teji Guntur UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • , E. Roni A. Nurkiman UIN Sunan Gunung Djati

Keywords:

Pengajian, Pengabdian, Islam

Abstract

Program kuliah kerja nyata yang diadakan oleh LP2M UIN Sunan Gunung Djati untuk melaksanakan pengabdian langsung kepada masyarakat. Kelompok 380 kita menjalankan Salah satu program kegamaan yaitu melakukan pengajaran kepada anak-anak yang berada di Dusun Kalimati Desa Lengkong Jaya dengan secara bertahap mulai dari sosialisasi dengan tokoh setempat dan melaksanakan pengajaran kurang lebih selama satu bulan. Latar belakang dari program ini adalah anak-anak sekitar kampung kalimati masih belum bisa membaca dan menulis Al-Qur’an dan tentunya hal tersebut menjadi problematik bagi warga sekitar terutama tokoh masyarakat dan agama. Permasalahan yang dihadapi oleh kami adalah ketidak tetapan anak-anak ketika datang ke majelis baitul Yatim yang membuat kami sulit untuk memberikan materi secara menyeluruh kepada semua anak-anak dikarenakan absen anak-anak yang sering tidak hadir, namun untuk kelebihan sendiri kita diberikan kebebasan oleh penanggung jawab majelis Baitul Yatim untuk melakukan metode dengan leluasa maka dari itulah tantangan bagi kami pun juga tidak terlalu besar dalam melaksanakan program mengajar di majelis tersebut. Adapun metode yang kita gunakan adalah dengan 2 hal yaitu 30 menit 30 menit , untuk 30 menit pertama anak-anak akan diajarkan mengenai pengetahuan dasar agama islam seperti nama-nama nabi, malaikat, sifat Allah dan lain sebagainya, sedangkan untuk 30 menit selanjutnya anak-anak akan di bimbingan oleh 7 orang mahasiswa untuk diajarkan bagaimana cara membaca iqro atau al-qur’an yang baik dan benar. Dan adapun hasil dari pengajaran ini adalah anak-anak memiliki semangat dalam belajar agama serta juga tidak putus dalam mempelajari Alquran dan diharapkan mereka dapat mengamalkan isi al-qur’an di kehidupan sehari-hari.

References

Rahma Dita DLL, Analisis Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an pada Siswa Kelas V MI/SD,Vol 6, Jurnal Pendidikan Tambusai,Thn 2022

Moleong, L.J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nur, M., & Kardi, S. (21). Pengajaran Langsung. Surabaya: Unesa University Press

Al-baihaqi,http://www.krjogja.com/nasional/124261130/Kiat-Menumbuhkan-Kecintaan-Terhadap Al-Qur’an-Bagi-Diri-Sendiri-dan-Keluarga, diakses pada pukul 10:00 September 2023

Downloads

Published

2023-11-15

How to Cite

Widyanti, N., Fitria, N. J., Guntur, M. T., & , E. Roni A. Nurkiman. (2023). Pengentasan Buta Huruf Al-Qur’an Melalui Pembuatan Program Belajar Baca Tulis Al-Qur’an yang Diterapkan di Majelis Baitul Yatim. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(6), 349–357. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2888