1 Penerapan Metode Tahsin di Madrasah Nurul Huda

Authors

  • Adila Nur Aini Putri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fikri Haikal
  • Gusharyadi

Keywords:

Metode Tahsin, Al-Qurán, Makharijul Huruf

Abstract

Setiap santri memiliki kekurangannya masing-masing dalam membaca Al-Qur’an. Terutama dalam makhorijul huruf dan pembacaan tajwid. Memang disana ada jadwal pelajaran yang berbeda tiap harinya. Dan pada pelajaran tajwid ini, kebanyakan santri tidak menerapkan pada kehidupan sehari-hari ketika mereka mengaji. Tajwid secara harfiah bermakna melakukan sesuatu dengan elok dan indah atau bagus dan membaguskan. Metode tahsin adalah salah satu cara pendidik atau ustad dalam tilawah Alquran yang menitik beratkan pada makhroj (tempat keluar masuknya huruf) dan ilmu tajwid. Metode tahsin ini dalam membaca Alquran melalui seorang pendidik secara langsung dan berhadapan. Karena dengen cara seperti itu seorang pendidik bisa melihat apakah makharijul huruf yang di ucapkan murid sesuai dengan kaidah atau tidak. Berdasarkan hasil observasi dilapangan, maka dapat diketahui bahwa penerapan metode tahsin bagi peserta didik. dalam materi tajwid dan makhorijul huruf dapat dikatakan cukup meningkat. Untuk memahami pembelajaran metode tahsin tersebut konsep materi pembelajaran yang diajarkan dengan cara menulis dan melafalkan huruf-huruf makhorijul huruf dan tajwid kepada peserta didik terhadap materi tahsin, kemudian peserta didik mampu mempraktekan yang telah diajarkan oleh guru.

Kata Kunci: Metode Tahsin, Al-Qurán, Makharijul Huruf

References

Annajah. “Tahsin Al-Quran: Pengertian, Fundamental Dan Alasan Belajarnya,” 2022. https://annajah.co.id/tahsin-al-quran-pengertian-fundamental-dan-alasan-belajarnya/?k_id=9cf01488-851f-428f-b7c0-71e13ae0d5c1.

Fitriani, Della Indah, and Fitroh Hayati. “Penerapan Metode Tahsin Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al- Qur ’ an.” Prosiding Pendidikan Agama Islam 6, no. 2 (2020): 185–92.

Husin, Husin, and Muhammad Arsyad. “Implementasi Metode Tahsin Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di MI Darul Falah.” Al-Muhith: Jurnal Ilmu Qur’an Dan Hadits 1, no. 1 (2022): 16. https://doi.org/10.35931/am.v1i1.939.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Adila Nur Aini Putri, Fikri Haikal, & Gusharyadi. (2024). 1 Penerapan Metode Tahsin di Madrasah Nurul Huda. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(3), 1–14. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2851

Issue

Section

Articles