Sosialisasi Pengelolaan Sampah dan Pengadaan Tempat Sampah di Dusun 1 Desa Sindangkerta

Authors

  • Anne Rayana Jasmin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Liyuda Aningsih UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Reyno Herdiyanto UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rizka Fitriyani UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pengabdian, Sosialisasi, sampah, KKN, Sindangkerta

Abstract

Permasalahan sampah di Indonesia merupakan persoalan yang rumit karena kurangnya kesadaran masyarakat terhadap akibat-akibat yang dapat ditimbulkan oleh sampah itu sendiri. Permasalahan sampah tidak hanya terjadi di perkotaan, tetapi juga di pedesaan, salah satunya di Desa Sindangkerta, Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat. Masyarakat terbiasa membuang sampah langsung ke kebun yang berada di sekitar rumah masing-masing dan ada juga yang dibakar karena di Sindangkerta ini tidak ada tempat pembuangan akhir (TPA). Hal tersebut karena kurangya pemahaman dan kesadaran masyarakat di Desa Sindangkerta akan pentingnya pengelolaan sampah yang baik. Oleh karena itu, diperlukan upaya pemberdayaan yang dapat meningkatkan pemahaman serta melibatkan masyarakat dalam proses pengelolaan sampah. Sehingga, masyarakat bisa lebih memahami pentingnya pemilahan sampah. Dengan menggunakan metode pemberdayaan masyarakat, maka diperlukan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaannya. Untuk merealisasikan dalam meningkatkan pemahaman masyarakat, maka dilakukan kegiatan sosialisasi pengelolaan sampah. Selain itu, pengadaan tempat sampah juga dirasa perlu sebagai upaya langkah kecil untuk mewujudkan lingkungan yang bersih.

References

Anung B Studyanto. “Sosialisasi Pengelolaan Sampah Dan Pengadaan Tempat Sampah Di Desa Adiraja Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap.” Studyanto | Prosiding Seminar Nasional Unimus, November 11, 2022. https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/semnas/article/view/1157.

Fahmi, Yanza Ahaddin. “INNOVATIVE GOVERNANCE DALAM PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS SOCIAL EMPOWERMENT PADA PEMERINTAH KOTA BATU,” November 16, 2018. https://eprints.umm.ac.id/40204.

Halimah, Ai. “Pemberdayaan Masyarakat Kampung Nangoh Desa Sindanggalih Kecamatan Karangpawitan Garut Terhadap Pentingnya Pendidikan,” 2021. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1474.

Jubaedah, Imas Siti. “Memberdayakan Masyarakat Melalui Pengelolaan Sampah Di Kampung Pongporang,” December 31, 2021. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/575.

Mardhanita, Dinny Cahya. “Sosialisasi Pengelolaan Sampah Plastik Sebagai Upaya Mengurangi Kebiasaan Membuang Sampah Ke Sungai Di Kampung Cilaku,” 2021. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1469.

Nayoan, Gifliyani K. “Sosialisasi Pengelolaan Sampah Di Desa Munte Minahasa Selatan,” June 30, 2023. https://ejournal-iakn-manado.ac.id/index.php/dedikasi/article/view/1433.

Nugraha, Restu. “Truk Sampah Belum Masuk 6 Kecamatan Di Bandung Barat, Warga Urus Sendiri!” Ayo Bandung, September 10, 2021. https://www.ayobandung.com/bandung-raya/pr-791144503/truk-sampah-belum-masuk-6-kecamatan-di-bandung-barat-warga-urus-sendiri.

Nuryati, Rina, Lies Sulistyowati, Iwan Setiawan, and Trisna Insan Noor. “Pemetaan Sosial (Social Mapping) Masyarakat Dalam Upaya Mendukung Pengembangan USAHATANI Polikultur Perkebunan Terintegrasi (UTPPT).” Jurnal Agristan 2, no. 1 (2020). https://doi.org/10.37058/ja.v2i1.2342.

Primantoro, Agustinus Yoga. “Tiga Permasalahan Mendasar Sampah Yang Tidak Kunjung Selesai.” kompas.id, April 7, 2023. https://www.kompas.id/baca/humaniora/2023/04/06/tiga-permasalahan-mendasar-sampah-yang-tidak-kunjung-selesai.

Siagian, Hendra Fridolin Ananda Sudater. “Pengelolaan Sampah di Indonesia”, March 30, 2022. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-lahat/baca-artikel/14891/Pengelolaan-Sampah-di-Indonesia.html.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Jasmin, A. R., Aningsih, L., Herdiyanto, R., & Fitriyani, R. (2024). Sosialisasi Pengelolaan Sampah dan Pengadaan Tempat Sampah di Dusun 1 Desa Sindangkerta. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(7), 224–232. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2848

Issue

Section

Articles