Meningkatkan Minat Masyarakat untuk Membangun Kesadaran mengenai Pentingnya Penimbangan dan Imunisasi pada Balita di Desa Jagabaya

Penulis

  • Putri Nur Hadiyatus Solehah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Himma Sanie Kamila UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Alfida Sanovayuga UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Husni Rofiq UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Globalisasi, KKN, Imunisasi, Strategi

Abstrak

Saat ini kita sedang menghadapi globalisasi ekonomi yang semakin menuntut persaingan global Oleh karena itu, masyarakat harus mempersiapkan bangsa Indonesia sebaik mungkin yang berkualitas tinggi untuk generasi berikutnya agar terencana, terpadu dan berkelanjutan. Tindakan ini harus dilakukan tepat waktu seperti saat janin masih dalam kandungan, bayi dan balita, bahkan dari usia remaja hingga dewasa sampai usia tua. Dalam melakukan kegiatan KKN ini kami melaksanakan metode pelaksanaan yang dianjurkan serta tertulis didalam juknis KKN 2023 pada bab KKN Sisdamas yang disusun oleh LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Dimulai dari siklus satu sampai dengan siklus empat. Hal yang diangkat dari artikel ini adalah masalah mengenai kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksin dan imunisasi di setiap tahap tumbuh kembang anak. Di tempat kelompok kami melaksanakan kegiatan KKN yaitu di desa Jagabaya, Kec. Cimaung. Diambil beberapa strategi untuk menyelesaikan permasalahan mengenai kesadaran masyarakat salah satunya dengan memberikan penjelasan kepada ibu-ibu akan pentingnya imunisasi dan memberikan informasi yang mudah di dapat oleh masyarakat

Referensi

Agussafutri, C. B. (2019). Hubungan Status Pekerjaan Dan Pengetahuan Ibu Tentang Posyandu Balita Dengan Kepatuhan Kunjungan Posyandu Di Posyandu Balita Singosari Kelurahan Banyuanyar Surakarta Tahun 2018. Jurnal Kebidanan Indonesia. Vol 10 No 2, 32-40.

Aswadi, S. S. (2018). Perilaku Ibu Terhadap Pemanfaatan Posyandu Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Tarakan Kecamatan Wajo Kota Makassar. Al-Sihah Vol 10(1), 12-25.

Dian Palupi Kusuma Wardani, S. P. (2015). Hubungan Persepsi Dengan Perilaku Ibu Membawa Balita Ke Posyandu. Jurnal Keperawatan Padjadjaran, 3(1).

Diana, W. (2019). Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah Di Paud Harapan Bunda Surabaya. Jurnal Ilmiah Vol 2. No 1, 51-60.

Encang Saepudin, E. R. (2017). Peran Posyandu Sebagai Pusat Informasi Kesehatan Ibu Dan Anak. Record And Library Journal Vol 3(2), 201-208.

Rini Noviyani, N. P. (2014). Pemberdayaan Ibu-Ibu, Bidan Dan Kader Posyandu Melalui Penyuluhan Tentang Pemberian Makanan Sehat Untuk Meningkatkan Gizi Dan Daya Tahan Tubuh Bayi Dan Anak Di Desa Pengotan Kabupaten Bangli. Udayana Mengabdi 13 (2), 89-92.

Swengli Miskin, S. R. (2016). Hubungan Pengetahuan Ibu Dan Peran Kader Dengan Kunjungan Balita Di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Pineleng. E-Journal Keperawatan 4(1).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Putri Nur Hadiyatus Solehah, Kamila, H. S. ., Sanovayuga, A., & Rofiq, H. . (2024). Meningkatkan Minat Masyarakat untuk Membangun Kesadaran mengenai Pentingnya Penimbangan dan Imunisasi pada Balita di Desa Jagabaya. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(7), 233–240. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2842

Terbitan

Bagian

Articles