Sosialisasi Lingkungan Hidup terhadap Siswa Dini Guna Menciptakan Karakter yang Berdikari (Studi Kasus Peran Pengabdian KKN Reguler Sisdamas Kelompok 397 di Dusun Pangadangan Desa Rancasari Kecamatan Pamanukan Kabupaten Subang)

Authors

  • Neng Sindi Eldes Fitriyani Sindi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Khofifah Nurdianti Khofifah
  • Natasya Fiallyunissa Agustya Natasya

Keywords:

Sosialisasi Lingkungan Hidup, Pembentukan Karakter, Kepedulian Lingkungan

Abstract

Lingkungan hidup merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Lingkungan hidup menjadi salah satu faktor penentu kualitas hidup manusia yang menempatinya. Agar lingkungan tetap terjaga, diperlukan pemahaman akan kondisi lingkungan dan kesadaran dalam menjaga dan merawat lingkungan. Kesadaran menjaga lingkungan oleh setiap elemen masyarakat diperlukan sehingga penanganan masalah lingkungan akan selalu muncul dan dapat teratasi secara tepat. Penanaman pemahaman lingkungan hidup dapat dimulai pada anak-anak sebagai pembentukan karakter yang memiliki sikap kepedulian lingkungan sejak dini. Pada penelitian ini, diadakan kegiatan Sosialisasi Lingkungan Hidup dengan sasaran siswa/siswi kelas 6 SDN 3 dan 5 Pamanukan yang berlokasi di Dusun Pangadangan, Desa Rancasari , Kecamatan Pamanukan, Subang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menjelaskan kondisi pemahaman siswa/siswi kelas 6 tentang lingkungan hidup secara deskriptif, berupa pemberian materi dengan metode ceramah dan tanya jawab untuk melihat peningkatan pemahaman lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 6 tahap, yaitu perencanaan, pendahuluan, pengenalan isu lingkungan, diskusi dan refleksi, penguatan nilai dan tahap evaluasi. Pada pelaksanaanya, siswa/siswi kelas 6 SDN 3 dan 5 Pamanukan mendapatkan materi lingkungan hidup disertai pemberian contoh bagaimana sikap yang diperlukan ketika menemukan sampah di sekitar. Siswa/siswi menunjukkan antusiasme dalam mengikuti kegiatan dan menerapkannya setelah selesai kegiatan. Dengan adanya sosialisasi ini, pemahaman tentang lingkungan hidup dan kesadaran akan kepedulian lingkungan tertanam dalam diri anak-anak dan menjadi karakter/pribadi yang peka dan peduli terhadap lingkungan yang ditempatinya.

References

Agus, W. (2017). Hakekat Karakter. Pendidikan, 10–59.

Angela, N. (2018). Sosiologi: Sosialisasi. Lms-Paralel.Esaunggul.Ac.Id, 2003, 16. https://lms-paralel.esaunggul.ac.id/pluginfile.php?file=/60378/mod_resource/content/1/MODUL+ON+LINE+2.pdf

Ayu Novi Kristiana Dewi, dkk. 2022. Sosialisasi peningkatan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan hidup. Ruang Cendikia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 1 No 3. Hal. 215.

Herdiana Dian. 2018. Sosialisasi Kebijakan Publik: Pengertian dan Konsep Dasar. Jurnal Ilmiah Wawasan Insan Akademik. Volume I, Nomor 3, Hal. 13.

Soegianto, A. (2009). Ilmu Lingkungan, Sarana Menuju Masyarakat Berkelanjutan . Surabaya: Airlangga University Press, 2010, hlm. 1 25 25. Ghh, 32, 25–65. http://repository.unpas.ac.id/33706/1/J. BAB II.pdf

Sugiyono. (2015). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif. Skripsi dan Tesis. Suaka Media.

Wicaksono, R. W. A. G. (2018). Penanaman sikap peduli lingkungan dan sikap ilmiah siswa sekolah dasar melalui sosialisasi program sekolah peduli dan berbudaya lingkungan. Adi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1).

Zahroh Ayunda Harahap, 2021. Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini. Volume 7 No.2. Hal. 50.

Downloads

Published

2023-09-20

How to Cite

Sindi, N. S. E. F., Khofifah, K. N., & Natasya, N. F. A. (2023). Sosialisasi Lingkungan Hidup terhadap Siswa Dini Guna Menciptakan Karakter yang Berdikari (Studi Kasus Peran Pengabdian KKN Reguler Sisdamas Kelompok 397 di Dusun Pangadangan Desa Rancasari Kecamatan Pamanukan Kabupaten Subang). PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(2), 397–407. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2837