4 Pendampingan Pengajuan Sertifikasi Halal Bagi Kemajuan UMKM di RW 08 Desa Karanganyar

Authors

  • Najma Assyifa Khairunnisa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Lintang Sekarjati UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Galih Herlangga UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Erlan Aditya Ardiansyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Sertifikasi Halal, UMKM, SISDAMAS

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat dilakukan dalam bentuk pendampingan proses pengajuan sertifikasi halal bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di wilayah RW 08, Desa Karanganyar. Sertifikasi halal menjadi krusial dalam meningkatkan daya saing produk UMKM, terutama dalam pasar yang semakin menuntut produk yang halal dan bermutu. Kegiatan yang dilakukan mencakup survei, wawancara, dan analisis data untuk mengevaluasi efektivitas pendampingan yang diberikan kepada UMKM dalam proses pengajuan sertifikasi halal. Adapun metode yang digunakan adalah metode sistem pemberdayaan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendampingan berperan penting dalam mempermudah dan mempercepat proses pengajuan sertifikasi halal bagi UMKM di Desa Karanganyar. Temuan ini memberikan wawasan yang berharga bagi pemerintah, lembaga pendamping, dan UMKM dalam upaya meningkatkan kualitas produk halal dan kemajuan UMKM di tingkat lokal. Selain itu, hasil penelitian ini dapat menjadi landasan untuk perbaikan kebijakan dan strategi pendampingan yang lebih efektif bagi pengusaha UMKM di masa depan.

References

Sururie, R. W., Aziz, R., Muttaqin, M., Uriawan, W., Zulqiah, Z., Mardiansyah, Y., & Fridayanti, F. (2019). Model KKN Sisdamas UIN Sunan Gunung Djati Bandung: Tantangan dan peluang pelaksanaan. Model KKN Sisdamas UIN Sunan Gunung Djati Bandung: Tantangan Dan Peluang Pelaksanaan, 2(01).

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Khairunnisa, N. A., Sekarjati, L., Herlangga, G., & Ardiansyah, E. A. (2024). 4 Pendampingan Pengajuan Sertifikasi Halal Bagi Kemajuan UMKM di RW 08 Desa Karanganyar. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(3), 36–46. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2829

Issue

Section

Articles