3 Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Singajaya Kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung Barat

Penulis

  • Rintianti Kusuma Wardhani UIN SGD BANDUNG
  • Rintianti Kusuma W UIN SGD BANDUNG

Kata Kunci:

UMKM, Keterbatasan Pengelolaan Usaha, Perkembangan Usaha

Abstrak

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan suatu jenis kegiatan ekonomi yang terutama dilakukan oleh masyarakat Indonesia sebagai landasan untuk memperoleh pendapatan yang diperlukan untuk kelangsungan hidupnya. Peran UMKM dalam perekonomian Indonesia tidak hanya mampu menarik tenaga kerja ketika rasionya mencapai 90%  dibandingkan perusahaan besar, namun juga mampu memperkenalkan banyak produk lokal ke dunia internasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pertumbuhan UMKM  di Desa Singajaya Kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung Barat dan hambatan yang dihadapi  UMKM tersebut dalam mengembangkan usahanya. Jumlah  UMKM yang dijadikan sampel adalah 3 responden dengan berbagai jenis usaha. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan metode analisis data  deskriptif. Hasilnya menunjukkan bahwa perkembangan usaha  responden relatif stagnan, hanya sedikit perusahaan yang mencatatkan peningkatan. Hambatan utama yang dihadapi anggota UMKM adalah terbatasnya kemampuan manajemen/manajemen usaha dan ketakutan mengambil risiko. Mereka juga menilai kurangnya pengawasan dan keterlibatan instansi terkait menjadi penyebab lambatnya pembangunan.

Referensi

Bahri, Erif. 2014. Pemberdayaan Masyarakat: Konsep dan Aplikasi. Jakarta : FAM Publishing

Manikmas, M. Oka Adnyana. "Potensi Pengembangan UKM Dalam Era Otonomi Daerah." SOCA 3, no. 1 (2003): 1-16.

Moloeng, lexi, 2006. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nitisusastro, Mulyadi. 2010. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Bandung: CV. Alfabeta.

Isono, Sadoko & Heryadi 2001, Pengembangan Usaha Kecil. Bandung: Yayasan Akatiga.

Setyobudi, Andang. "Peran Serta BI Dalam Pengembangan UMKM." Buletin Hukum dan Kebanksentralan 5, no. 2 (Agustus 2007): 29- 35.

Sudarmini, Ketut. "Peran Perbankan Dalam Pengembangan UMKM di Provinsi Bali." Jurnal Lingkungan & Pembangunan Wicaksana 15, no. 2 (Agustus 2006): 138-149.

Susana, Suprapti 2005, Ekonomi dan Bisnis. Opini. Vol. VII No. 2.

Tambunan, T. "The Role of Small Firms in Indonesia." Small Business Economics (Springer) 4, no. 1 (March 1992): 59-77.

Undang Undang dan Peraturan Tentang UKM: Agromedia Pustaka.

Wahyuni, Eti dkk. 2005. Lilitan Masalah Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Kontroversi Kebijakan. Medan: Bitra Indonesia.

Wengel, Jan ter, dan Edgard Rodriguez. "SME Export Performance in Indonesia After The Crisis." Small Business Economics (Springer) 26 (2006): 25-37.

Wijaya, Krisna. 2002. .Analisa Pemberdayaan Usaha kecil (Kumpulan Pemikiran). Bogor: Pustaka Wirausaha Muda.

Wrihatnolo RR & Riant ND 2007, Manajemen Pemberdayaan, Jakarta: Gramedia Pustaka.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Rintianti Kusuma Wardhani, & Rintianti Kusuma W. (2024). 3 Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Singajaya Kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung Barat. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(3), 27–35. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2826

Terbitan

Bagian

Articles