Sosialisasi Bank Sampah Dalam Meningkatkan Kesadaran Warga Terhadap Pemilahan Sampah Di Rw 08 Desa Cikalong

Authors

  • Dwi Sri Wahyuningsih UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Elsa Fauziah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nizma Faiza Maharani UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Bank Sampah, Kesadaran, Pemilahan Sampah

Abstract

Penanganan limbah menjadi isu penting dalam menjaga keberlanjutan lingkungan dan kesehatan masyarakat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui pendekatan bank sampah yang bertujuan untuk mengurangi jumlah sampah melalui pemilahan dan pemanfaatan kembali bahan daur ulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas sosialisasi bank sampah dalam meningkatkan kesadaran warga terhadap pemilahan sampah di RW 08 Desa Cikalong. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi, kepada warga desa yang terlibat dalam program bank sampah. penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa hambatan yang perlu diatasi, seperti kesadaran lingkungan yang masih perlu ditingkatkan, dan masalah logistik dalam pengelolaan sampah. Hasil dalam sosialisasi ini memang kurang berjalan lancar yang dimana kurangnya partisipasi warga dalam kegiatan. Implementasi dari hasil ini pun tidak secara merata dilakukan oleh warga, namun adapun warga yang memang menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

References

Ismawati, A. (2018). Gambaran partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah pada bank sampah Ukm mandiri di Rw 002 kelurahan Tamamaung Kecamatan Panakkukang kota Makassar. J-KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 2(2), 58-74.

Latifatul, F. N., Afriezal, A., Auliya, A., & Nur, K. R. M. (2018). Pengaruh sosialisasi pemilahan sampah organik dan non organik serta manajemen sampah terhadap penurunan volume sampah di dusun krajan desa kemuningsari lor kecamatan panti kabupaten jember. The Indonesian Journal of Health Science, 10(1).

Wardany, K., Sari, R. P., & Mariana, E. (2020). Sosialisasi pendirian “Bank sampah” bagi peningkatan pendapatan dan pemberdayaan perempuan di Margasari. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 364-372.

Downloads

Published

2023-11-01

How to Cite

Wahyuningsih, D. S., Fauziah, E., & Maharani, N. F. (2023). Sosialisasi Bank Sampah Dalam Meningkatkan Kesadaran Warga Terhadap Pemilahan Sampah Di Rw 08 Desa Cikalong . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(5). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2813