Ekspresi Kreatif: Seni Kaligrafi dan Pewarnaan di Madrasah Diniyah Nurul Huda

Penulis

  • Vanya Widhia Putri UIN Sunan Gunung Djati
  • Silvy Hatami Rahmatillah UIN Sunan Gunung Djati
  • Arif Muhaimin UIN Sunan Gunung Djati
  • Kadar Nurjaman UIN Sunan Gunung Djati

Kata Kunci:

Kreativitas, Menggambar dan mewarnai, Peningkatan Kreativitas

Abstrak

Kegiatan yang berbasis kreativitas ini dilaksanakan di Madrasah Diniyah Nurul Huda Kp. Cisalak RT 03 Rw 05. Adapun tujuan kegiatan ini yaitu, (1) Mengetahui kondisi objektif kemampuan kreativitas melalui kegiatan menggambar dan mewarnai, (2) Mengetahui peningkatan kreativitas setelah penerapan kegiatan menggambar dan mewarnai, (3) Mengetahui seberapa besar semangatnya anak dan kegiatan menggambar dan mewarnai. Pendekatan yang digunakan adalah metode pendekatan pada anak-anak dan metode wawancara pada guru setempat. Hasil kegiatan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kegiatan menggambar dan mewarnai dalam meningkatkan kreativitas anak, terbukti dengan adanya peningkatan yang lebih baik. Yang awalnya sulit dalam menarik antusias anak-anak untuk mengkuti kegiatan seperti ini yang sekarang dapat menarik antusias anak-anak hingga 30 anak yang mengikuti kegiatan ini, sehingga banyak anak yang mampu mengekspresikan apa yang diinginkan anak-anak yang dituangkan dalam kegiatan menggambar dan mewarnai. Bahkan kegiatan mewarnai ini bisa membangkitkan kembali semangat anak dalam belajar terutama dalam bidang seni yang memerlukan kreativitas mereka.

Referensi

Hidayat, Rahmat, S Ag, and M Pd. Ilmu Pendidikan: Konsep, Teori, Dan Aplikasinya. Medan: LPPPI, 2019. http://repository.uinsu.ac.id/8064/1/Buku Ilmu Pendidikan Rahmat Hidayat %26 Abdillah.pdf.

Mustakim, Arief Insan. “Implementasi Dongeng Boneka Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Di Wisma Pojok Dongen Klitren Kota Yogyakarta.” Universitas Negeri Yogyakarta, 2012. https://eprints.uny.ac.id/9450/.

Sari, Kurnia Puspita, Neviyarni, and Irdamurni. “Pengembangan Kreativitas Dan Konsep Diri Anak SD” VII, no. 1 (2020). https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/7371/3614.

Sit, Masganti, Khadijah, Fauziah Nasution, Sri Wahyuni, Rohani, Nurhayani, Ahmad Syukri Sitorus, Raisah Armayanti, and Hilda Zahra Lubis. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing, 2016. http://repository.uinsu.ac.id/2605/12/BUKU PENGEMBANGAN KREATIVITAS OK.pdf.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-15

Cara Mengutip

Widhia Putri, V., Rahmatillah, S. H., Muhaimin, A. ., & Nurjaman, K. (2023). Ekspresi Kreatif: Seni Kaligrafi dan Pewarnaan di Madrasah Diniyah Nurul Huda. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(7), 438–444. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2812