Pengaruh Pendidikan Keluarga Terhadap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Anak: Studi Etnografi

Authors

  • Nisa Sholehah Pangsuma UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Didin Komarudin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Keluarga, Pola Asuh, Perilaku, Kebersihan

Abstract

Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) untuk pencegahan virus COVID-19 dapat berupa cara mencuci tangan yang baik dan benar, cara menerapkan etika batuk, cara melakukan Physical Distancing (menjaga jarak fisik), dan cara menjaga kebersihan diri. Pola asuh orang tua mempengaruhi kebisaan perilaku hidup bersih dan sehat. Dimana pendidikan keluarga memegang peran penting dalam pembiasaan ini. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriftif dengan kajian etnografi dimana pengambilan sampel dilakukan secara acak dan cluster area. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil yang didapatkan adalah korelasi positif anatara pendidikan keluarga dengan kebiasaan perilaku hidup bersih dan sehat. Sehingga dapat diketahui bahwa pendidikan keluarga mempengaruhi kebiasaan Perilaku hidup bersih dan sehat pada anak.

References

Ayun, Q. (2017). Pola asuh orang tua dan metode pengasuhan dalam membentuk kepribadian anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102-122.

Bungin, Burhan (ed.). 2015. Analisis Data Penelitian Kualitatif Pemahaman Filosofis dan Metodologis Ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

COVID-19 Data Repository by the Center for Systems Science and Engineering (CSSE) at Johns Hopkins University.

Julianti, R., Nasirun, M., & Wembrayarli, W. (2018). Pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (Phbs) di Lingkungan Sekolah. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 76-82.

Lakshmi Priyadarsini, S., & Suresh, M. (2020). Factors influencing the epidemiological characteristics of pandemic COVID 19: A TISM approach. International Journal of Healthcare Management, 13(2), 89-98.

Notoatmodjo, S. 2005. Promosi Kesehatan (Teori dan Aplikasi). Jakarta: Rineka Cipta.

Qiu, W., Rutherford, S., Mao, A., & Chu, C. (2017). The pandemic and its impacts. Health, culture and society, 9, 1-11.

Razi F., Yulianty V., Amani, S A., Fauzia J H. (2020). Bunga Rampai COVID-19: Buku Kesehatan Mandiri untuk Sahabat. PD Prokami: Depok.

Spradley, James P. 1997. Metode Etnografi. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Sugiono. 2013. Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Sholehah Pangsuma, N. ., & Komarudin, D. . (2021). Pengaruh Pendidikan Keluarga Terhadap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Anak: Studi Etnografi. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(21), 124–133. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/281

Issue

Section

Articles