10 Efektivitas Kegiatan Muharram dalam Meningkatkan Kebersamaan dan Kepedulian Masyarakat Desa Mekarmukti

Penulis

  • Gita Anggraeni UIN Sunan Gunung Djati
  • Antya Narda
  • Marwan Abdul hafizh

Kata Kunci:

Budaya, Muharram, Perayaan

Abstrak

Bulan Muharram merupakan salah satu dari bulan-bulan yang dianggap suci karena memiliki makna sejarah yang sangat istimewa, dan kita sebagai umat muslim berkwajiban untuk memperingati atau merayakannya, oleh karena itu moment ini digunakan oleh warga di desa Mekarmukti, sebagai kesempatan untuk merayakan hari besar tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengenalkan bagaimana tradisi atau budaya desa Mekarmukti dalam memperingati tahun baru islam pada bulan Muharram. Penelitian ini menggunakan metode sisdamas dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa warga desa Mekarmukti telah berhasil memanfaatkan perayaan Muharram ini sebagai alat untuk memperkuat jalinan sosial dan meningkatkan perhatian terhadap sesama warga desa.

Referensi

Firdhausya, Rizkia Putri, and Redi Hadiyanto. 2022. “Analisis Konsep Gadai Dalam Fikih Muamalah Di Desa Mekarmukti Kabupaten Bandung Barat.” Jurnal Riset Ekonomi Syariah, 7–16.

Karsidi, Dr Ravik. 2005. “Sosiologi Pendidikan.”

Notowidagdo, Rohiman. 1919. “Ilmu Budaya Dasar Berdasarkan Al-Quran Dan Hadist.”

Rosdiawan, Ridwan, and Septi Dwitasari. 2019. “Trend Perayaan Tahun Baru Di Kota Pontianak: Perspektif Kegelisahan Seorang Remaja Muslimah.”

Sa’adah, Siti Zamratus. 2015. “ Menggapai Berkah Di Bulan-Bulan Hijriah,” 175.

Shadily, Hassan. n.d. “Ensiklopedia Islam,” 3608.

Siburian, Ayu Lusoi, and Waston Malau. 2018. “Tradisi Ritual Bulan Suro Pada Masyarakat Jawa Di Desa Sambirejo Timur Percut Sei Tuan.” Jurnal Seni Dan Budaya 2, 28–35.

Sikumbang, Muhammad A Haris, Mahfudin Arif Ridho, and Aswan Lubis. 2023. “Tradisi Upacara Satu Suro Di Tanah Jawa Dalam Pandangan Al-Qur’an.” Journal Of Social Science Research 3, 10979–88.

Umam, Khotibul. 2019. “Nilai Dan Hikmah Hijriyah.”

WIDYASARI, ELOK. 2022. “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Kebo Gerang Sebagai Larangan Pernikahan Adat Jawa Di Pati.”

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Anggraeni, G., Narda, A., & Abdul hafizh, M. (2024). 10 Efektivitas Kegiatan Muharram dalam Meningkatkan Kebersamaan dan Kepedulian Masyarakat Desa Mekarmukti. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(3), 99–106. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2809

Terbitan

Bagian

Articles