Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan Pada Anak – Anak Sekolah Dasar Kelurahan Antapani Wetan Di Era Pandemi Covid 19

Authors

  • Annisa Hardiani Pratiwi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Andika Khairul Kamil UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Farhan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rio Riswanto UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Talitha Shinta Novianty W UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ayi Sofyan UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Covid-19, Online, Pendidikan, KKN

Abstract

Covid-19 telah meluas ke seluruh dunia dan berdampak pada bidang pendidikan. Program pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni dengan salah satunya kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata). Program Kerja KKN Sisdamas 2021 salah satunya di bidang pendidikan yaitu pendampingan siswa saat melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Kegiatan dilaksanakan pada bulan Agustus 2021 di Kelurahan Antapani Wetan Bandung.

Pendidikan saat ini menjadi tolak ukur dari kemajuan suatu bangsa. Siswa - siswi di sekolah yang merupakan generasi emas penerus bangsa telah dipersiapkan untuk masa depan. Tidak lupa dengan tenaga pendidik yang merupakan kunci utama dari menghasilkannya suatu generasi emas di Indonesia yang bermutu dan berkualitas. Salah satu program dan kegiatan di bidang pendidikan tetap dilaksanakan dengan cara online atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Program ini dilakukan untuk meningkatkan ketertarikan siswa terhadap pembelajaran juga sebagai rasa kepedulian para mahasiswa terhadap masyarakat dibidang pendidikan. Tujuan dari kegiatan ini untuk tetap mengefektifkan dan memaksimalkan dari tujuan pembelajaran di sekolah serta membuat para siswa tidak kesulitan saat melaksanakan PJJ ini. Program ini dilaksanakan di balai RW 05 Antapani Wetan tepatnya Jalan. Tanjungsari.

References

Anwas, O. M. (2011). Kuliah Krja Nyata Tematik Pos Pemberdayaan Keluarga sebagai Model Pengabdia Masyarakat di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(5), 565-572.

Armiani, S., Fajri, S. R., Sukri, A., & Baiq, Y. P. (2020). Pelatihan Pembuatan Masker sebagai Upaya Antisipasi Penyebaran Covid-19 di Desa Anyar Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 1(1), 22-27.

Budastra, I. K. (2020). Dampak Sosial Ekonomi Covid-19 dan Program Potensial Untuk Penanganannya : Studi Kasus di Kabupaten Lombok Utara Socio- Economic Impacts of Mitigation : a Case Study in Lombok Barat District. Jurnal Agrimansion, 20(1), 48-57.

Sulaeman, & Supriadi, &. (2020). Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Desa Jelantik dalam Menghadapi Pandemi Corona Virus DIseases-19 (Covid 19). Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 1(1), 12-17.

Haushofer, J., Jessica, C., Metcalf, E., Björkegren, D., Chandrasekhar, A., De Quidt, J., Grenfell, B., Hussam, R., & Jayachandran, S. (2020). Combining behavioral economics and infectious disease epidemiology to mitigate the COVID-19 outbreak. Princeton University, March 6, 1–10.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Hardiani Pratiwi, A. ., Khairul Kamil, A. ., Farhan, M. ., Riswanto, R. ., Shinta Novianty W, T. ., & Sofyan, . A. . (2021). Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan Pada Anak – Anak Sekolah Dasar Kelurahan Antapani Wetan Di Era Pandemi Covid 19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(21), 118–123. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/280

Issue

Section

Articles