2 PSIKOEDUKASI MENGENAI PENTINGNYA POLA ASUH ORANGTUA BAGI ANAK USIA DINI TK AL AMALIYAH

Penulis

  • Deslie Salza Dwikurnia UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Pola Asuh, Anak, Pendidikan, Moral, Nilai Karakter

Abstrak

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Pola asuh orangtua memiliki dampak yang sangat penting dalam perkembangan dan pembentukan karakter anak-anak. Pendidikan anak usia dini merupakan bentuk pendidikan yang fundamental dalam kehidupan seorang anak dan pendidikan pada masa ini sangat menentukan keberlangsungan anak itu sendiri juga bagi suatu bangsa. Dalam mensosialisasikan nilai-nilai karakter diperlukan guru, pejuang moral yang tidak pernah gentar, putus asa atau frustasi meskipun rintangan, halangan, lingkungan tidak kondusif, dan harus berhadapan dengan keadaan distruktif. Dengan tidak jemujemunya meneriakan sosialisasi pendidikan karakter (akhlak mulia) untuk mewujudkan nilai karakter yang baik secara universal yang menghargai orang lain. Selain orangtua, peran guru di sekolah menjadi penting dalam pembentukan moral anak.

Referensi

Utami, A. C. N., & Raharjo, S. T. (2021). Pola asuh orang tua dan kenakalan remaja. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 4(1), 1-15.

Anisah, A. S. (2017). Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pembentukan karakter anak. Jurnal Pendidikan UNIGA, 5(1), 70-84.

Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola asuh orang tua terhadap perkembangan emosional anak usia dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157-170.

Baiti, N. (2020). Pengaruh pendidikan, pekerjaan dan pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 6(1), 44-57.

Tatminingsih, S., & Cintasih, I. (2016). Hakikat anak usia dini. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, 131

Atabik, A. (2015). Prinsip dan Metode Pendidikan Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(2), 264-280.

Makagingge, M., Karmila, M., & Chandra, A. (2019). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap perilaku sosial anak (studi kasus pada anak usia 3-4 tahun di KBI al madina sampangan tahun ajaran 2017-2018). Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 115-122.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-02-23

Cara Mengutip

Dwikurnia, D. S. (2024). 2 PSIKOEDUKASI MENGENAI PENTINGNYA POLA ASUH ORANGTUA BAGI ANAK USIA DINI TK AL AMALIYAH. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(8), 11–23. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2799

Terbitan

Bagian

Articles