Peningkatan Keterampilan Komputer Bagi Remaja Dan Pemuda Usia Angkatan Kerja

Authors

  • Mirna Devi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tasnia Nurmalasari UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Setia Mulyawan UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

angkatan kerja, pemuda, keterampilan komputer

Abstract

Keterampilan merupakan hal dasar yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Dari berbagai jenis keterampilan, salah satu keterampilan yang wajib dimiliki di zaman sekarang adalah keterampilan komputer. Adanya pandemi Covid-19 yang mengguncang seluruh dunia berdampak negatif terhadap produktifitas perusahaan yang semakin menurun sehingga menyebabkan peningkatan pengangguran yang signifikan. Oleh sebab itu, persaingan di dunia pekerjaan semakin meningkat dimana setiap individu dituntut memiliki nilai lebih dalam kompetensi dirinya agar dapat bersaing. Berdasarkan dari fakta tersebut, kami menginisiasi untuk melakukan kegiatan pendidikan keterampilan komputer bagi remaja dan pemuda usia angkatan kerja di Kampung Legok Badak RT01/RW10, Desa Giri Mekar, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung agar dapat meningkatkan kompetensi dirinya. Kegiatan peningkatan keterampilan komputer ini dilakukan secara intensif pada tanggal 9-23 Agustus 2021. Metode pengabdian yang dilakukan yaitu dimulai dari indentifikasi masalah, perencanaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi. Dari hasil kegiatan menunjukkan timbal balik yang positif dengan peningkatan keterampilan dan produktifitas para peserta yang cukup optimal, dan diharapkan dengan adanya KKN-DR SISDAMAS ini dapat menjadi langkah awal para remaja dan pemuda di Desa tersebut untu terus meningkatkan keterampilannya. 

References

Australian Government. (2016). National Literacy and Numeracy Week. https://www.literacyandnumeracy.gov.au/digital-literacy-activites.

Badan Pusat Statistik. 2021. Diakses di laman bps.go.id. pada tanggal 10 September 2021

Harjono, H.S. 2018. Literasi Digital: Prospek dan Implikasinya dalam pembelajaran Bahasa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra.

Sidi, I. D., & Setiadi. B.N. (2013). Manusia Indonesia Abad 21 yang Berkualitas Tinggi di Tnjau Dari Sudut Psikologi. https://himpsi.or.id/publikasi /.

Tim Juknis. 2021. Juknis KKN-DR SISDAMAS 2021. LP2M.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Devi, M. ., Nurmalasari, T. ., & Mulyawan, S. . (2021). Peningkatan Keterampilan Komputer Bagi Remaja Dan Pemuda Usia Angkatan Kerja. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(21), 98–107. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/278

Issue

Section

Articles