7 Penyuluhan Pentingnya Pertolongan Pertama Pada Kehidupan Sehari-hari di RW 04 Sindangsari

Penulis

  • Muhammad Zidni Irfan UIN

Kata Kunci:

Penyuluhan, Pertolongan pertama, Masyarakat

Abstrak

Berdasarkan hasil rembug warga RW 04 Sindangsari dapat diketahui bahwa pengetahuan mengenai pertolongan pertama di kehidupan sehari- hari masih rendah dan kurang tepat. Pentingnya ilmu pertolongan pertama pada masyarakat adalah untuk membantu masyarakat dalam menanngani kasus pertolongan pertama yang sesuai dengan ilmu kesehatan, kemudian kemampuan pertolongan pertama juga dapat membantu fasilitas kesehatan untuk melakukan penanganan pra rumah sakit. Sehingga diadakan penyuluhan mengenai pentingnya pertolongan pertama pada kehidupan sehari-hari untuk masyarakat RW 04 Sindangsari dengan tujuan untuk memperkenalkan ilmu pertolongan pertama kepada masyarakat sehingga masyarakat dapar menangani kasus pertolongan pertama yang seringkali terjadi pada kehidupan sehari-hari. Penyuluhan ini mengaplikasikan metode tanya jawab dan metode demonstrasi. Hasil dari penyuluhan yang dilakukan Kelompok KKN 155 ini masyarakat paham dan dapat menerapkan ilmu pertolongan pertama yang sudah diberikan oleh PMI Kota Bandung.

Referensi

USTAKA

Alfikrie, F., Hidayat, U. R., & Wahyuningtyas, E. P. (2019). Edukasi metode demonstrasi dan role play terhadap pengetahuan polisi lalu lintas (Polantas) tentang pertolongan pertama gawat darurat kecelakaan lalu lintas. Khatulistiwa Nursing Journal, 1(2).

Aini, D. N. (2019). PKM pelatihan pertolongan pertama dalam gawat darurat pada orang awam. Jurnal Implementasi Pengabdian Masyarakat Kesehatan (JIPMK), 1(2).

Patimah, S. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Pertolongan Pertama Korban Tenggelam Dan Pelatihan Bhd Terhadap Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Di Kota Jayapura. Healthy Papua-Jurnal keperawatan dan Kesehatan, 2(2), 86-93.

https://proceedings.uinsgd.ac.id/in

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-02-23

Cara Mengutip

Irfan, M. Z. (2024). 7 Penyuluhan Pentingnya Pertolongan Pertama Pada Kehidupan Sehari-hari di RW 04 Sindangsari. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(8), 67–74. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2764

Terbitan

Bagian

Articles