Sosialisasi UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) dan Sertifikasi Halal di Desa Kalentambo: Mewujudkan Kesadaran Berwirausaha dan Pemanfaatan Aset Desa

Authors

  • Filiana Maulidi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Mangga, UMKM, Sertfikasi Halal, Desa Kalentambo

Abstract

Desa Kalentambo merupakan salah satu desa di Kabupaten Subang yang berada di wilayah Pantura. Tanah tropisnya menjanjikan tempat yang baik bagi banyak area persawahan dan perkebunan. Salah satu aset yang dimiliki oleh Desa Kalentambo adalah buah mangga. Aset desa yang melimpah, namun belum optimal dalam pemanfaatannya menjadi latar belakang utama diadakan sosialisai ini. Diharapkan masyarakat tergugah untuk memulai wirausaha dari hasil alam yang ada di desanya sehingga dapat menjadi daya tarik dan promosi desa kepada masyarakat luas. Selain itu, menanggapi program Kementerian Agama dalam pemberlakuan wajib sertiifikasi halal di tahun 2024, maka diadakanlah sosialisai mengenai pemahaman akan hal tersebut. Pada kegiatan ini, diterapkan metode sosialisasi pada umumya oleh beberapa pemateri dengan sesi tanya jawab di akhir diskusi. Hasil yang diperoleh dengan diadakannya Sosialisasi UMKM dan Sertifikasi Halal ini ialah masyarakat mendapakan ilmu dasar mengenai UMKM, baik untuk pelaku usaha maupun bagi pihak yang baru akan memulai usaha. Urgensi dan relevansi diadakannya kegiatan ini pun dinilai tepat dengan permasalahan yang diangkat.

References

“Letak Geografis Kabupaten Subang.” 2023. 2023.

Nukeriana, Debbi. 2018. “Implementasi Sertifikasi Halal Pada Produk Pangan Di Kota Bengkulu.” Qiyas 3 (April).

Pamuji, Sugeng. 2023. “Gelar Kampanye Di 10.000 Titik, Kemenag Ingatkan Wajib Sertifikasi Halal Pada 17 Oktober 2024.” March 18, 2023.

Prof. Dr. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Dan Pengembangan Untuk Bidang Pendidikan, Manajemen, Sosial, Teknik: Research and Development. 3rd ed. Bandung: Alfabeta.

Putra, Panji Adam Agus. 2017. “Kedudukan Sertifikasi Halal Dalam Sistem Hukum Nasional Sebagai Upaya Perlindungan Konsumen Dalam Hukum Islam.” Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah 1 (January).

Suci, Yuli Rahmini. n.d. “Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Di Indonesia.”

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. 7th ed. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tamara, Aditya. 2021. “Pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, Dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Produk Makanan Halal.” Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Zaelani, I.R. 2019. “Peningkatan Daya Saing UMKM Indonesia: Tantangan Dan Peluang Pengembangan IPTEK.” Transborders 3 (December).

Zia, Halida. 2020. “Pengaturan Pengembangan UMKM Di Indonesia.” Rio Law Journal 1 (February).

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Maulidi, F. (2024). Sosialisasi UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) dan Sertifikasi Halal di Desa Kalentambo: Mewujudkan Kesadaran Berwirausaha dan Pemanfaatan Aset Desa. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(4), 13–26. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2757

Issue

Section

Articles