Kegiatan Kuliah Kerja Nyata melalui Bantuan Sosial di Desa Tridaya Sakti

Authors

  • Andykha Troyuda UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ikhsan Yudi Setyawan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Jaladara Milsandikia Sucipto UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nur Waidah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tania ` Aprilla UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Covid-19, Bantuan Sosial, Sisdamas, KKN

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa di perguruan tinggi yang didedikasikan kepada masyarakat (Anwas 2011).  Kelompok 84 KKN-DR Sisdamas memilih RW 04 sebagai tempat untuk melaksanakan KKN karena menurut Falabiba (2019) yang merujuk pada Pelaksanaan Klarifikasi dan Tipologi Desa di Indonesia dari Menteri Dalam Negeri RI Nomor 11 Tahun 1972, desa ini tergolong pada Desa Swakarya. Kegiatan ini merupakan salah satu program dari kelompok KKN 84 yang berbasis pengabdian kepada masyarakat menggunakan metode sisdamas. Menyikapi dan mengantisipasi hal tersebut, kami kelompok 84 KKN DR Sisdamas bersinergi dengan pihak pemerintah desa Tridayasakti, Karang Taruna RW 04 desa Tridayasakti, pihak Yayasan Ash-Shiddiqiyyah, serta masyarakat setempat dalam proses pendistribusian bantuan sosial yang dilakukan, dengan tujuan target sasaran yang dipilih tepat sasaran ataupun masyarakat yang benar-benar sedang membutuhkan bantuan sosial dari kami. Hasilnya, kegiatan bantuan sosial yang terdapat dalam program kerja kami berjalan dengan lancar. Target sasaran yang kami pilih sesuai dengan penilaian kami dan para pihak yang mendukung proses program kerja bantuan sosial kelompok 84 KKN DR Sisdamas UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

References

Anwas, O. M. (2011). Kuliah Kerja Nyata Tematik Pos Pemberdayaan Keluarga Sebagai Model Pengabdian Masyarakat Di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(5), 565. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i5.49

Mashami, R. A., Indah, D. R., Khusnul, K., Dewi, C. A., & Pahriah. (2020). Implementasi Paket Bantuan Sosial Sebagai Upaya Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Hasil Pengabdian & Pemberdayaan Kepada Masyarakat, 1(1), 22–27.

Rahmansyah et al. (2020). Pemetaan Permasalahan Penyaluran Bantuan Sosial untuk Penanganan COvid-19 di Indonesia. Jurnal Pajak Dan Keuangan Negara, 2(1), 90–102.

Solekhan, M. (2013). Implementasi Sistem Informasi Geografis. Humanoria UGM Yogyakarta, 11(1), 52–89.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Troyuda, A. ., Yudi Setyawan , I. ., Milsandikia Sucipto , J. ., Waidah , N. ., & Aprilla , T. `. (2021). Kegiatan Kuliah Kerja Nyata melalui Bantuan Sosial di Desa Tridaya Sakti. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(21), 53–61. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/274

Issue

Section

Articles