Inovasi Dalam Pemberdayaan Masyarakat Strategi Kesejahteraan Sosial dan Ekonomi di Desa Cangkuang Kabupaten Bandung

Penulis

  • Radinka Suci Tamami UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Angel Judhita Sulaeman UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Amalia Putri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dhiyaa Hanaan Annisa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Salma Nuraini UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Kesejahteraan sosial, Pemberdayaan Masyarakat, UMKM

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah memberikan wawasan kepada masyarakat khususnya di desa cangkuang yang belum memahami bagaimana cara atau langkah awal dalam membuat laporan jika terjadi kekerasan dalam lingkungan keluarga dan memberikan wawasan kepada masyarakat terkait cara meningkatkan daya saing dalam sektor UMKM Usaha Mikro, kecil, dan Menengah. Metode yang dilakukan dalam kegiatan sosialisasi mengenai kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) ini menggunakan metode berbasis pemberdayaan atau disebut dengan sisdamas. Dalam metode penelitian ini juga menggunakan metode sosialisasi dengan menyampaikan materi, diskusi, sedangkan dalam sektor UMKM Metodologi yang digunakan dalam kegiatan pemberdayaan UMKM yang dilaksanakan menggunakan Metode penelitian kualitatif dengan melakukan observasi terlebih dahulu dalam mengumpulkan data-data mengenai UMKM yang ada di Desa Cangkuang. UMKM Desa Cangkuang satu Langkah menuju lebih unggul, dengan pendataan yang bisa diakses melalui website yang dibuat, Masyarakat luas bisa lebih mudah untuk melihat produk hasil UMKM di Desa Cangkuang. Dalam kegiatan sosialisasi KDRT pemberian materi yang pertama kepada ibu PKK yaitu tentang bentuk-bentuk kekerasan dalam rumah tangga, hambatan-hambatan dalam penanganan KDRT, upaya penanggulangan dan ancaman hukuman. Dalam pemberdayaan masyarakat mengenai hal ini kami berfokus kepada pengabdian terhadap masyarakat dengan memulai melakukan penelitian serta observasi di Desa Cangkuang untuk berfokus terhadap perkembangan serta permasalahan yang terjadi di Desa Cangkuang.

Referensi

M. J. Maspaitella, Nancy Rahakbauwi., (2014) PEMBANGUNAN KESEJAHTERAAN SOSIAL: PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENDEKATAN PEKERJA SOSIAL.Mochamad Reza Rahman., Muhammad Rizki Oktavianto., Paulinus., Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Di Indonesia Abdul Rahman.

UUD No 23 Tahun 2004 pasal 1 ayat 1 tentang PKDRT.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Tamami, R. S., Sulaeman, A. J., Putri, A., Annisa, D. H., & Nuraini, S. (2024). Inovasi Dalam Pemberdayaan Masyarakat Strategi Kesejahteraan Sosial dan Ekonomi di Desa Cangkuang Kabupaten Bandung. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(5), 8–25. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2723

Terbitan

Bagian

Articles