Implementasi Pembelajaran Menggunakan Metode Takraar Di Mushola Darul Muslimin Dusun Daringo (Studi Kasus Pembelajaran di Mushola Darul Muslimin)

Authors

  • Barkah Indah Yanti UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Usep Dedi Rostandi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

takraar, implementasi, sisdamas, gadget, Pengajian

Abstract

Dusun Daringo merupakan dusun yang terletak di Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Salah satu wilayah di Dusun Daringo yang menjadi tempat berlangsungnya kegiatan KKN-DR yaitu wilayah RT 03 RW 05 yang memiliki permasalahan di bidang pendidikan khususnya pengajian anak-anak. Di wilayah RT 03 RW 05 masih banyak anak-anak yang kurang tertarik untuk mengaji terlebih di masa pandemi covid-19 saat ini, mereka lebih tertarik bermain gadget dibandingkan mengikuti kegiatan pengajian. Hal itu menimbulkan keresahan bagi para orang tua jika anak-anaknya akan kecanduan terhadap penggunaan gadget tersebut dan dikhawatirkan akan memberikan dampak negatif bagi anak-anak mereka untuk ke depannya. Tujuan dari pengabdian ini yaitu untuk menginisiasi program mengajar membaca dan menulis baik Iqra’ maupun Al-Qur’an serta hafalan bacaan shalat.dan untuk mengetahui pengaruh implementasi dari penggunaan metode takraar dalam pengenalan bacaan shalat di pengajian anak-anak mushola Darul Muslimin. Metode pembelajaran yang diterapkan di mushola Darul Muslimin adalah metode takraar dengan pendekatan sisdamas yang berbasis pada pemberdayaan masyarakat. Berdasarkan kegiatan yang telah dilaksanakan didapatkan hasil bahwa penerapan metode takraar terhadap 15 anak terbilang efektif dalam mengenalkan bacaan shalat, hal ini didasari atas perkembangan hafalan anak setelah selesainya pemberian materi.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Indah Yanti, B. ., & Dedi Rostandi, U. . (2021). Implementasi Pembelajaran Menggunakan Metode Takraar Di Mushola Darul Muslimin Dusun Daringo (Studi Kasus Pembelajaran di Mushola Darul Muslimin). PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(21), 26–35. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/272

Issue

Section

Articles