Pendampingan Siswa Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Di Kampung Cikendal Rt. 01 Rw. 07 Desa Wanamekar Garut

Authors

  • Asy Syifa Hilma Nurraissa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rahmat Taufiq Mustahiq Akbar UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Kampung Cikendal, siswa, bimbingan belajar

Abstract

Pandemi Covid-19 belum benar-benar berakhir, untuk itu masyarakat tetap harus mencegah penyebaran virus Covid-19. Upaya penanganan pencegahan penyebaran virus ini juga terus dilakukan oleh pemerintah Indonesia dalam segala aspek kehidupan, salah satunya dalam aspek pendidikan. Dalam aspek pendidikan ini pemerintah sudah menerapkan pelaksanaan program belajar secara daring atau online. Siswa yang sudah terbiasa dengan sistem pembelajaran langsung atau tatap muka secara tiba-tiba diganti menjadi sistem belajar online merasa kurang memahami materi yang diberikan oleh guru, karena penjelasan yang diberikan relatif lebih singkat dibandingkan dengan sistem belajar tatap muka secara langsung. Melihat kondisi yang demikian, maka mahasiswa KKN-DR Sisdamas UIN Sunan Gunung Djati 2021 mengadakan kegiatan bimbingan belajar bagi siswa yang berada di lingkungan Kampung Cikendal RT. 01 RW.07 Desa Wanamekar. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan kualitas belajar siswa dan membantu orangtua dengan adanya program ini. Pelaksanaan dilakukan secara tatap muka dengan tetap sesuai dengan protokol kesehatan. Hasil kegiatan ini menunjukan sikap siswa yang mengalami perubahan dalam belajar. Hal ini dilihat saat mewawancarai siswa setelah kegiatan selesai. Perlunya perbaikan dalam penentuan jadwal bimbingan belajar sehingga program bimbingan belajar dapat menjadi lebih baik.

References

Dewi Fatma, Wahyu Aji. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 2 No. 01.

El Fiah R., Putra Purbaya A. 2016. Penerapan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 12 Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 03 No. 02. hlm. 177.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 2021. Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN-DR Sisdamas), Pengabdian di Masa Pandemi, Bermitra dengan Satgas Covid-19. hlm. 7.

Mulyadi. 2010. Diagnosis Kesulitan Belajar & Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta: Nuha Litera.

Nakayama M., Yamamoto H., & Santiago R. 2007.The Impact of Learner Characteristics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students. Electronic Journal e-Learning Vol. 5 No. 03.hlm. 195-206.

Oemar Hamalik. 2004. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Rosali, Ely Satiyasih. 2020. Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi COVID-19 di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasik Malaya. Geography Science Education Journal (GEOSEE) Vol. 01 No. 01.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Hilma Nurraissa, A. S. ., & Mustahiq Akbar, R. T. . (2021). Pendampingan Siswa Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Di Kampung Cikendal Rt. 01 Rw. 07 Desa Wanamekar Garut. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(21), 16–25. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/271

Issue

Section

Articles