A 10. Sosialisasi Edukasi Parenting Yang Terabaikan

Implikasi Terhadap Minat Anak dalam Melanjutkan Pendidikan

Authors

  • Agis Firmansyah UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
  • Audina Sofa Marwah Hutabarat UIN Sunan Gunung Djati
  • Dimas Taufiq UIN Sunan Gunung Djati

Keywords:

parenting, pendidikan, Masyarakat

Abstract

Artikel ini membahas tentang pentingnya edukasi parenting bagi orang tua beserta pengaruhnya terhadap minat anak dalam melanjutkan pendidikan. Peranan orang dalam melakukan pola asuh yang benar sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak secara emosional, sosial psikologis, dan kognitif anak. Keberhasilan anak dalam memperoleh Pendidikan dipengaruhi oleh pola asuh orang tuanya. Pada studi kasus di Desa Karyamukti khususnya dusun 03 ditemukan sebuah permasalahan dimana anak-anak kehilangan motivasi untuk melanjutkan Pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Melalui program sosialisasi edukasi parenting oleh mahasiswa KKN Kelompok 226 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Desa Karyamukti diharapkan dapat membentuk kesadaran masyarakat untuk mendapatkan edukasi parenting yang tepat demi meningkatkan mutu pendidikan yang lebih baik.

 

References

Arumsari ,Rindang (2017). Perbedaan Motivasi Belajar Antara Siswa Yang Berasal Dari Jawa Dan Dari Papua Di Sman 1 Kediri Tahun Ajaran 2016/ 2017 . Jurnal Simki-Pedagogia Vol. 01 No. 01 Tahun 2017 ISSN : AAAA-AAAA

Baumrind, D. (1966). Effects of authoritative parental control on child behavior. Child Development, 37(4), 887-907.

Sukma, AM. dkk. (2021). Sosialisasi Pemutusan Rantai Penularan Covid-19 di Lingkungan Rw 04 Rancaekek Kencana. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung Vol: I No: LIV (Desember 2021)

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Firmansyah, A., Audina Sofa Marwah Hutabarat, & Dimas Taufiq. (2024). A 10. Sosialisasi Edukasi Parenting Yang Terabaikan: Implikasi Terhadap Minat Anak dalam Melanjutkan Pendidikan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(2), 84–92. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2689

Issue

Section

Articles