13 Penanaman Nilai-Nilai Kebangsaan Melalui Lomba 17 Agustus Pada Anak Usia Dini Di RA Tarbiyattun Najjah Desa Citapen Kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung Barat

Menumbuhkan Rasa Nasionalisme, Partisipasi dan Kepercayaan Diri,Kesadaran Kemerdekaan yang Lebih Mendalam

Authors

  • Tria Rizkia Sabila Uin sgd bandung

Keywords:

17 Agustus, Hari Kemerdekaan, Nilai Kebangsaan, Anak Usia Dini

Abstract

17 Agustus diperingati sebagai hari Kemerdekaan Republik Indonesia, salah satu peristiwa bersejarah paling dihormati dan dihargai oleh masyarakat Indonesia. Di tengah perkembangan zaman, nilai-nilai kebangsaan perlu ditanamkan sejak dini pada generasi penerus bangsa agar semangat cinta tanah air terus kokoh dan terjaga. Oleh karena itu, diadakan lomba 17 Agustus di RA Tarbiyatun Najah Desa Citapen guna menjadi media penanaman nilai- nilai kebangsaan pada anak usia dini. Metode dalam penelitian ini menggunakan siklus-siklus KKN Sisdamas (Sistem Pemberdayaan Masyarakat). Hasil Penelitian ini menunjukkan kesimpulan bahwa lomba 17 Agustus di RA Tarbiyatun Najah membawa dampak yang positif bagi penanaman nilai-nilai kebangsaan pada anak usia dini.

 

References

Alfian. (1985). Persepsi masyarakat tentang kebudayaan. In Alfian, Persepsi masyarakat tentang kebudayaan (p. 278). Jakarta: Gramedia.

Ginting, N. A., Harun, & Nurmaniah. (2022). Hubungan Kecerdasan Interpersonal dengan Kepercayaan Diri AnAK uSIA 5-6 tAHUN. Jurnal Obsesi (Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini), 4297-4308.

Sadikin. (2008). Peningkatan Sikap Melalui Pembelajaran IPS Dengan Metode Sosial Drama di SD Cikembun Banyumas. UNY Press.

Tilaar, H. (2007). Mengindonesia etnisitas dan identitas bangsa Indonesia : tinjauan dari perspektif ilmu pendidikan. In H. Tilaar, Mengindonesia etnisitas dan identitas bangsa Indonesia : tinjauan dari perspektif ilmu pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2024-02-23

How to Cite

Rizkia Sabila, T. (2024). 13 Penanaman Nilai-Nilai Kebangsaan Melalui Lomba 17 Agustus Pada Anak Usia Dini Di RA Tarbiyattun Najjah Desa Citapen Kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung Barat: Menumbuhkan Rasa Nasionalisme, Partisipasi dan Kepercayaan Diri,Kesadaran Kemerdekaan yang Lebih Mendalam. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(8), 129–137. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2687

Issue

Section

Articles