Tafsir dan Interpretasi Keagamaan Dalam Perayaan 1 Muharram 1445 Hijriah (Pendekatan Studi Agama Masyarakat Desa Citapen, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat)

Authors

  • Amellia Lestari UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ahmad Abqori UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Lidya Marliana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Wisnu Uriawan, M.Kom.

Keywords:

Kata Kunci: 1 Muharram, Keagamaan, Masyarakat

Abstract

Peringatan hari besar memiliki makna mendalam dan signifikansi spiritual bagi umatnya. Perayaan 1 Muharram merupakan momen penting dalam agama Islam, yang memperingati hijrahnya Nabi Muhammad SAW ke Madinah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tafsir dan interpretasi keagamaan dalam perayaan 1 Muharram 1445 Hijriah, dengan menggunakan pendekatan studi agama di masyarakat Desa Citapen, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif, dengan pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen terkait. penelitian ini juga mengungkapkan peran penting tokoh agama setempat dalam membimbing masyarakat dalam merayakan peristiwa ini dengan pemahaman yang benar sesuai ajaran Islam. Tafsir dan interpretasi keagamaan yang diberikan oleh tokoh agama menjadi landasan bagi masyarakat Desa Citapen dalam menjalankan perayaan 1 Muharram 1445 Hijriah. Hasil penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana masyarakat Desa Citapen memaknai dan merayakan perayaan 1 Muharram 1445 Hijriah secara keagamaan.

Kata Kunci: 1 Muharram, Keagamaan, Masyarakat

References

Drajat, Zakiah. 1970. Ilmu Jiwa Agama, Islam dan Kesehatan Mental. Jakarta: Bulan Bintang. Jalaluddin, Prof, Dr, H. 2005. Psikologi Agama. Jakarta: PT. Raja Grafinda Persada.

LP2M, T. 2023. Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata (KKN Sisdamas) Moderasi Beragama. Bandung: Pusat Pengabdian kepada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN SGD Bandung.

Rajih, Hamdan. 2005. Spritual Quotient For Children Agar Si Buah Hati Kuat Imannya dan Ibadahnya. Yogyakarta: Diva Press.

Sulastri, F. 2022. Tradisi Pawai Obor Menyambut 1 Muharram Tahun Baru Hijriah.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Lestari, A., Abqori, A. ., Marliana, L., & Uriawan, M.Kom. , W. . (2024). Tafsir dan Interpretasi Keagamaan Dalam Perayaan 1 Muharram 1445 Hijriah (Pendekatan Studi Agama Masyarakat Desa Citapen, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat). PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(9), 276–282. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2676

Issue

Section

Articles