12 PENDAMPINGAN KEPADA MASYARAKAT DALAM MENGELOLA SUMBER DAYA ALAM PERTANIAN JAGUNG DI DESA KARANGANYAR

Penulis

  • khoerun nisa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Alfy Rahayu UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Piona Aulia Putri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Erlan Aditya Ardiansyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Masyarakat, Pertanian Jagung, Kartu Tani

Abstrak

Artikel ini diformulasikan sebagai laporan kuliah kerja nyata Desa Karanganyar Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi peran pendampingan dalam meningkatkan produktivitas dan keberlanjutan pertanian jagung. Metode yang digunakan dalam kuliah kerja nyata adalah Sistem Pemberdayaan Masyarakat (SISDAMAS). Dengan menggunakan metode ini, maka tim kuliah kerja nyata melakukan empat siklus yaitu : siklus pertama ; sosialisasi awal, rembug warga, dan refleksi sosial, siklus kedua ; pemetaan sosial dan pengorganisasian masyarakat, siklus ketiga ; perencanaan partisipasif dan sinergi program, siklus keempat ; pelaksanaan program dan monitoring evaluasi. Berdasarkan hasil kajian permasalan bahwa para petani mengeluh karena mahalnya harga pupuk yang tidak sesuai dengan pendapatan yang mereka dapatkan dari penjualan hasil tani. Namun pada awalnya, pemerintah sudah memberikan kemudahan berupa kartu tani yang memberikan keringanan pada harga bahan pertanian, namun masyarkat di desa karanganyar ini tidak sepenuhnya menggunakan fasilitas tersebut, karena kurangnya pengelolaan terhadap kartu tani tersebut. Untuk menjawab permasalahan ini, kami melakukan diskusi kepada ketua tani untuk  mengaktifkan kembali kartu tani di desa karanganyar khususnya di RW 04 Kampung Cimalik Desa Karanganyar.

Referensi

Soekartawi, 2019. "Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam Pertanian." Jurnal Pembangunan Pedesaan, 1(1), hlm. 1-12.

Widiastuti, R., & Suprayogi, S., 2020. "Peran Kelompok Tani Dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam Pertanian Jagung." Jurnal Pertanian, 5(2), hlm. 45-54.

Mardani, A., & Suryono, S., 2018. "Penerapan Teknologi Pertanian Terkini dalam Meningkatkan Produktivitas Pertanian Jagung." Jurnal Inovasi Pertanian, 9(2), hlm. 89-100.

Kusumo, D. Y., & Putri, F. M., 2017. "Peran Ketua Tani dalam Pengembangan Pertanian Berkelanjutan." Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), hlm. 12-20.

Supono, J., & Kuncoro, A., 2020. "Sosialisasi dan Edukasi sebagai Upaya Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam." Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), hlm. 78-88.

Suryadi, A., & Setiawan, B., 2019. "Manfaat Kartu Tani dalam Pengelolaan Pertanian Jagung: Studi Kasus di Desa X." Jurnal Agribisnis, 7(3), hlm. 213-226.

Widodo, T., & Kusnadi, N., 2018. "Implementasi Program Pemberdayaan Petani dalam Pengelolaan Pertanian Berkelanjutan." Jurnal Pengembangan Wilayah, 12(1), hlm. 45-58.

Suprianto, H., & Wibowo, B., 2017. "Peran Perangkat Desa dalam Mendorong Pertanian Berkelanjutan." Jurnal Pembangunan Daerah, 10(2), hlm. 123-134.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-02-23

Cara Mengutip

nisa, khoerun, Rahayu, A. ., Aulia Putri, P., & Aditya Ardiansyah, E. . (2024). 12 PENDAMPINGAN KEPADA MASYARAKAT DALAM MENGELOLA SUMBER DAYA ALAM PERTANIAN JAGUNG DI DESA KARANGANYAR. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(8), 120–128. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2665

Terbitan

Bagian

Articles