Penyuluhan Pembuatan Bokashi dan Pestisida Nabati Pada Kelompok Tani di Desa Ancolmekar Kecamatan Arjasari

Penulis

  • Maghfira Putri Nurastuti UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Putri Diesy Fitriani UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Bokashi, Penyuluhan, Pestisida Nabati

Abstrak

Kecamatan Arjasari, Desa Ancolmekar memiliki potensi sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan dalam kegiatan tanaman jadi sektor pertanian. Mayoritas petani di Desa Ancolmekar belum memanfaatkan potensi yang ada seperti pemanfaatan eceng gondok sebagai bahan pembuatan bokashi dan mahoni, sereh, laja sebagai bahan pembuatan pestisida nabati. Kegiatan penyuluhan ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai pentingnya pertanian organik serta bagaimana mewujudkan pertanian berkelanjutan melalui pembuatan bokashi dan pestisida nabati. Penyuluhan dilaksanakan pada Jum’at 28 Juli 2023 di GOR Desa Ancolmekar dan dihadiri oleh perwakilan dari 8 kelompok tani. Metode penyuluhan ini meliputi sosialisasi awal, Pengumpulan data, informasi, dan persiapan program, pelaksanaan program dan evaluasi.

Referensi

Aryani, F., Rustianti, S., & Kartina, C. G. (2020). Cara Pembuatan Bokashi Eceng Gondok. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 448-4552.

Idawicaksakti, M. D., Pratami, D., & Puspita, I. A. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Pemasaran Produk dan Pembuatan Laporan Keuangan Untuk Petani Desa Ancolmekar. Prosiding Community Service & Engagement Seminar (COSECANT).

Khoirdin, I. A., & Muslimah. (2020). Pengembangan Agrowisata Berbasis Usaha Tani Terpadu Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Dalam Menyongsong Bonus Demografi 2030. Syntax Idea, 762-770.

Lasmini, S. A., Monde, A., Tarsono, Idham, & Nasir, B. (2020). Bimbingan Teknik Budidaya Sayuran Organik Untuk Menghasilkan Sayuran Sehat dan Bebas Residu Bahan Kimia. Jurnal Masyarakat Mandiri, 623-632.

Rangkuti, K., Ardilla, D., & Tarigan, D. M. (2019). Pemanfaatan Limbah Kulit Jengkol Sebagai Pestisida Nabati pada Tanaman Padi. PRODIKMAS: Jurnal Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 14-20.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-11

Cara Mengutip

Nurastuti, M. P., & Putri Diesy Fitriani. (2023). Penyuluhan Pembuatan Bokashi dan Pestisida Nabati Pada Kelompok Tani di Desa Ancolmekar Kecamatan Arjasari. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(1), 9–19. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2652