Program Ayo Belajar Sebagai Sarana Pendampingan Pembelajaran Menyenangkan di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Ahmad Fauzan Jamal UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Paryati UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Program Ayo Belajar, Pendampingan Belajar, Pandemi Covid-19

Abstract

Penyelenggaraan KKN pada tahun ini masih sama seperti tahun sebelumnya, hal ini dikarenakan pandemi Covid-19 yang belum juga usai. Sebagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat, kegiatan KKN yang dilakukan di Kp. Barangbang hilir RW 05, Desa Wirajaya, kecamatan jasinga Kabupaten Bogor ini memiliki tujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat setempat tentang pentingnya pendidikan pada situasi yang terjadi saat ini. Adapun program yang dapat menunjang yakni program Ayo Belajar dengan beberapa kegiatan di dalamnya antara lain pendampingan pembelajaran, pendampingan mengajar, dan menumbuhkan motivasi belajar pada anak. Metode yang digunakan dalam program ini adalah memberikan pendampingan proses belajar dan mengajar secara langsung dan melakukan pendataan anak-anak yang mengikuti program, serta menerapkan metode pembelajaran menyenangkan seperti dengan pemberian dan penyajian materi melalui nyanyian, permainan, kuis, dan lain sebagainya. Sehingga anak-anak bisa belajar dan memahami materi dengan tenang dan menyenangkan

References

Amaliah Sita, Prasetyo Teguh. 2021. Program Pondok Ceria Sarana Belajar Menyenangkan Anak-anak Kampung Pancawati Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat. Vol. 2, No. 1.

Santoso Agus, Rusmawati Yunni. 2019. Pendampingan Belajar Siswa di Rumah melalui Kegiatan Bimbingan Belajar di Desa wirajaya. Abdimas Berdaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol. 2, No. 2.

Suharni, Purwanti. 2018. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol. 3, No. 1.

www.kemendikbud.go.id

Hastuti Neli, Roviati Evi. 2020. Pendampingan Belajar Pengenalan Bahasa Inggris Menyenangkan Dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19. Al-Khidmat: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 2, No. 2.

Rosidah Ilmiyatur, M. Ma’ruf, M. Machfud. 2020. Pendampingan Pembelajaran serta Upaya Peningkatan Fasilitas Pendidikan di Desa Kraton pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Khidmat: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 3, No. 2.

Downloads

Published

2021-12-06

How to Cite

Jamal, A. F., & Paryati. (2021). Program Ayo Belajar Sebagai Sarana Pendampingan Pembelajaran Menyenangkan di Masa Pandemi Covid-19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(25), 20–28. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/265

Issue

Section

Articles