11 Optimalisasi Aplikasi Canva dalam Pengelolaan Media Sosial Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Bandasari

Penulis

  • Yani Apriani Hartati yaniaprn08@gmail.com
  • Arisna Rukmana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Lidani Ichsan UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Optimalisasi, Media Sosial

Abstrak

ABSTRAK

Sosial media memang tidak akan pernah luput dari genggaman generasi muda saat ini. Segala kebutuhan sehari-hari bisa saja terpenuhi hanya dengan satu kali sentuhan jari saja. Saat ini, dunia politik sudah menggunakan media sosial sebagai salah satu cara untuk mempromosikan calon-calon pemimpin yang akan bersaing dalam pemilu di tahun 2024 mendatang. Di setiap desa sudah terbentuk Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk membantu suksesnya pemilu nasional. Tujuan optimalisasi aplikasi Canva dalam pengelolaan media sosial PPS ini adalah untuk memudahkan tim Panitia Pemungutan Suara Desa Bandasari dalam menyebarluaskan informasi terkait pemilu dengan cara yang menarik dan kreatif.  Oleh karena itu, tim KKN 37 Sisdamas melakukan sosialisasi serta pendampingan melalui sharing dan bincang-bincang santai dengan tim PPS agar memperoleh paham yang sama terkait pentingnya aplikasi Canva untuk menunjang estetika serta fungsi dari postingan yang akan di publikasikan melalui elemen-elemennya yang menarik dan beragam. Metode yang digunakan sebagai pendekatan dengan tim PPS Desa Bandasari adalah observasi dan wawancara terkait kebutuhan apa saja yang harus dipenuhi dalam pembuatan konten di sosial media. Hingga pada akhirnya tim KKN membentuk tim khusus untuk membantu menjalankan program PPS yang kemudian diangkat menjadi program jangka pendek KKN 37 Sisdamas Desa Bandasari dengan menghasilkan sumber daya manusia dari tim PPS yang sudah mulai bisa mengelola postingan di sosial media dengan rapi dan informatif.

Kata Kunci: Sosial Media, Canva, Optimalisasi.

Referensi

Amalia, s. d., & cahyani, e. d. (2022). clicktism dan pengaturan kampanye pemilu melalui media sosial.

Isnaini, Khairunnisak Nur, Dina Fajar Sulistiyani, and Zezya Ramadhany Kharisma Putri. "Pelatihan desain menggunakan aplikasi canva." SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 5.1 (2021): 291-295

Kusuma Dewi, K. R., Harini, N. P., & Ananta Yoga, P. A. (2023, Februari). Pemanfaatan Canva Sebagai Media Promosi Kreatif dan Inovatif Pada Era Digital, 299.

Rizanta, Gilang Alfinandika, and Meilan Arsanti. "Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran masa kini." Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra

Vahlia Ira, Lilian Mega Putri, dan Triana Asih. 2021. Optimalisasi Pemanfaatan E-comerce sebagai Media Pemasaran Pada Kelompok Dasawisma Jeruk. hal 171-178.

Widayanti, Lilis, et al. "Edukasi pembuatan desain grafis menarik menggunakan aplikasi canva." Jurnal pengabdian masyarakat 2.2 (2021): 91-102.

Yusran, i. i., & sapar. (2022, Agustus). Pengaruh Media Sosial dan Perilaku Pemilihan Dalam Memprediksi Partisipasi Pemilihan Pada Pemilu 2024. Darma Agung, 188.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-02-23

Cara Mengutip

Apriani Hartati, Y., Rukmana , A., & Ichsan, L. (2024). 11 Optimalisasi Aplikasi Canva dalam Pengelolaan Media Sosial Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Bandasari. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(8), 109–119. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2632

Terbitan

Bagian

Articles