16 Pelatihan Menghafal Al-Qur’an Dengan Mudah Menggunakan Metode Tikrar Bagi Siswa-Siswi Kelas X, XI Madrasah Aliyah Atsauri

Penulis

  • Nazwa Amalia UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Al-Qur’an, Menghafal, Metode, Pelatihan, Tikrar

Abstrak

Tradisi menghafal Al-Qur’an ialah salah satu dari sekian banyaknya fenomena umat Islam dalam menghidupkan Al-Qur’an pada kehidupan sehari-hari yang dapat ditemukan di lembaga-lembaga keagamaan seperti pondok pesantren, rumah qur’an dan lain-lain. Selain pondok pesantren, di Indonesia sendiri sudah banyak lembaga-lembaga pendidikan yang memasukkan tahfidz Al-Qur’an atau menghafal Al-Qur’an sebagai mata pelajaran yang wajib, khususnya pada sekolah yang berbasis keagamaan, seperti di MA Atsauri Desa Puncaksari Kecamatan Sindangkerta Kabupaten Bandung Barat. Para siswa ditargetkan selama 3 tahun dapat menghafal 1 juz Al-Qur’an khususnya juz 30. Namun, kurangnya motivasi para siswa dan belum mengenal serta menerapkan metode tertentu dalam menghafal Al-Qur’an. Oleh karena itu penelitian betujuan untuk memberikan motivasi menghafal Al-Qur’an kepada para siswa dan mempraktekan metode tikrar dalam menghafal Al-Qur’an. Metode penelitian ini yaitu, Social Reflection, Community Organizing & Social Mapping, Participation Planning, dan Action. Hasil dari penelitian ini yaitu para siswa dapat mengetahui pengertian Al-Qur’an, keutamaan dan kunci sukses menghafal Al-Qur’an serta dapat mengetahui dan mempraktekkan metode tikrar dalam menghafal Al-Qur’an. Kesimpulan dari penelitian ini para siswa sangat antusias mengikuti pelatihan yang diadakan oleh mahasiswa KKN sehingga semangat dengan metode tikrar untuk menghafal Al-Qur’an tertanam dalam hati.

Referensi

Arlin, Aditya Fikri Putra, dan Heny Mulyani. 2021. “Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar dan Pemberdayaan Pertanian di Pondok Pesantren Miftahul Mukhlisin.” Dalam Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 71–81. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Ifadah, Rifatul, Eka Naelia Rahmah, dan Fatma Siti Nur Fatimah. 2021. “Penerapan Metode Tasmi’ dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Siswa MI.” IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 4 (01): 101–20. https://doi.org/10.37542/iq.v4i01.194.

Iswati, Diah Novita Fardani, Heri Cahyono, dan Syaiful Anam. 2021. “Pelatihan Menghafal Al-Qur’an Dengan Metode Ritme Otak Kanan bagi Santri Pondok Pesantren Muhammadiyah Darul Hikmah.” Journal Attractive 1 (1). https://www.attractivejournal.com/index.php/bce//index.

Maulizan, Rizki. 2021. “Penerapan Metode Tikrar Dalam Menghafal Al-Qur’an Pada Santri LTQ-PBA Miftahussalam Kecamatan Medan Petisah.” Medan.

Muthohharoh, Nur Millah. 2019. “Pengaruh Kegiatan Tasmi’ dan Kedisiplinan Guru Terhadap Kualitas Hafalan Al-Qur’an Studi Kasus Pada Siswa MI Mumtaza Islamic School Pondok Cabe, Tangerang Selatan.” Jakarta.

Najib, Mughni. 2018. “Implementasi Metode Takrir Dalam Menghafalkan Al-Quran Bagi Santri Pondok Pesantren Punggul Nganjuk.” Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman 8 (3): 333–42.

Ningsih, Nanda Aprilia Dwi Kusuma. 2023. “Implementasi Metode Tasmi’ bagi Santriwati Penghafal Al-Qur’an Guna Meningkatkan Kualitas Hafalan.” Ponorogo.

Romziana, Luthviyah, Wilandari, Lum Atul Aisih, Rifqiyah Afifatin Nasihah, Iklimatus Sholeha, Haslinda, Nadzirotul Jamilah, dan Kafilatur Rahmah. 2021. “Pelatihan Mudah Menghafal Al-Qur’an Dengan Metode Tikrar, Murajaah & Tasmi’ Bagi Siswi Kelas XI IPA Tahfidz Madrasah Aliyah Nurul Jadid.” Jurnal Karya Abdi 5 (1): 161–67.

Setiana, Elis. 2019. “Implementasi Metode Tikrar Dalam Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Hidayatul Qur’an Desa Banjarrejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur.” Lampung.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-02-23

Cara Mengutip

Nazwa Amalia. (2024). 16 Pelatihan Menghafal Al-Qur’an Dengan Mudah Menggunakan Metode Tikrar Bagi Siswa-Siswi Kelas X, XI Madrasah Aliyah Atsauri. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(8), 158–164. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2612

Terbitan

Bagian

Articles