Kkn Kolaboratif :Pelatihan Masa Depan Untuk Konsep Diri Positif dan Orientasi Masa Depan Pada Santri Tahfizh Al-Qur’an Hasanah Firyal Desa Margamukti

Penulis

  • Akmal Reza UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tiara Qouliyah
  • Zahra

Kata Kunci:

Konsep diri, Orientasi masa depan, Pelatihan, KKN, motivasi belajar santri

Abstrak

Pesantren telah berhasil beradaptasi dengan perkembangan zaman, bahkan bertransformasi menjadi institusi pendidikan Islam yang mampu bersaing dengan institusi pendidikan umum. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan konsep diri positif dan orientasi masa depan pada santri melalui pelatihan masa depan. Desain penelitian eksperimen-kuasi dengan model one group pretest posttest digunakan dalam penelitian ini, sampel terdiri dari 27 santri sebagai kelompok eksperimen. Analisis data menggunakan Uji paired sample t-test yang menunjukkan perbedaan skor yang signifikan pada variabel orientasi masa depan  antara pretest dan posttest, sedangkan variabel konsep diri tidak menunjukkan perbedaan skor yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan orientasi masa depan pada santri melalui pelatihan.

Referensi

Addeo, R. R., Greene, A. F., & Geisser, M. E. (1994). Construct Validity of the Robson Self-Esteem Questionnaire in a College Sample. Educational and Psychological Measurement, 54(2), 439–446. https://doi.org/10.1177/0013164494054002018

Ananta, R. K. E., & Farid, M. (2014). Minat Wirausaha, Konsep Diri dan Kreativitas. Jurnal Psikologi Tabularasa, 9(1).

Istiqomah, N. Q., & Asih, F. Y. (2023). Pelatihan Masa Depan Untuk Harapan Dan Keterampilan Sosial Pada Santri. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 15(1).

Lubis, P. S. M. H., & Putri, E. T. (2022). Orientasi Masa Depan dan Perencanaan Karir Pada Remaja Content Creator di Samarinda. Jurnal Imiah Psikologi, 10(2), 353-362.

Neff, K. D. (2003). Development and Validation of a Scale to Measure Self-Compassion. Self and Identity, 2(3), 223-250.)

Rohadirja, R. (2012). Konsep Diri pada Pasien Stroke Ringan di Poliklinik Saraf RSUD Sumedang. Students e-Journal, 1(1), 28.

Susanti, R. (2016). Gambaran orientasi masa depan remaja dalam bidang pekerjaan ditinjau dari religiusitas dan motivasi berprestasi pada remaja Desa Sei Banyak Ikan Kelayang. Jurnal Psikologi, 12(2), 109-116.

Sekti, W. A., Soetjiningsih, C. H., & Setiawan, A. (2019). Self concept training to improve future orientation among college student. Psikodimensia, 18(2), 131-143.

Winurini, S. (2021). Pengembangan Skala Orientasi Masa Depan Pendidikan pada Remaja Indonesia. Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial, 12(2), 179-193.

Zakariyya, F. (2019). Pelatihan “Goal Setting” untuk Meningkatkan Orientasi Masa Depan pada Siswa SMP. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 3(3), 136-149.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Reza, A. ., Qouliyah, T. ., & Zahra. (2024). Kkn Kolaboratif :Pelatihan Masa Depan Untuk Konsep Diri Positif dan Orientasi Masa Depan Pada Santri Tahfizh Al-Qur’an Hasanah Firyal Desa Margamukti . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(7), 259–267. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2587

Terbitan

Bagian

Articles