21. IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD DAYEUH LUHUR

Penulis

  • Riska Fikri Yanti UIN Sunan Gunung Djati
  • Yulya Nur Rohmah Dewi UIN Sunan Gunung Djati

Kata Kunci:

pendidikan karakter, motivasi, jenjang pendidikan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada peserta didik bahwa pendidikan memiliki dampak yang mendalam pada kehidupan individu dan masyarakat. Karena banyak dari anak-anak di Dusun 3 ini yang putus sekolah, hal ini disebabkan oleh beberapa factor sepert factor ekonomi, factor lingkungan dan kurangnya minat belajar anak. Dengan adanya pendidikan karakter menjadi salah satu upaya bagi peserta didik untuk mengembangkan penerimaan diri dan orang lain, memberikan ide-ide, perasaan, dukungan untuk solusi masalah, membuat keputusan yang tepat, praktek baru perilaku, dan bertanggung jawab atas pilihan yang ditentukan sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk memotivasi peserta didik agar melanjutkan jenjang pendidikan nya ke yang lebih tinggi. Studi penelitian ini menggunakan dan pengembangan pendekatan dengan campuran desain metode penelitian berbasis sisdamnas yang berisi Siklus I (refleksi sosial) dan Siklus II (perancangan), dan Siklus III (pelaksanaan) dengan metode diskusi. Pelaksanaan pendidikan karakter ini sangat dianjurkan karena dapat di integrasikan ke dalam sistem pendidikan formal ataupun bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian ini yaitu berupa respon positif dari para peserta didik yang ingin melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi hingga mencapai cita-cita. Melalui seminar ini sudah dijelaskan bahwa masih banyak anak-anak yang ingin melanjutkan pendidikan lebih tinggi serta dengan melakukan cara ini bisa menjadi alternative bagi guru untuk menerapkan pendidikan karakter serta membantu siswa untuk memotivasi belajarnya.

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Motivasi, Jenjang Pendidikan.

 

Referensi

Annisa, M. N. (2020). PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAKSEKOLAH

DASAR DI ZAMAN SERBA DIGITAL. Jurnal Pendidikan, 36-48.

Lubis, E. M. (2012). Hubungan Pendidikan Karakter Mandiri Dengan Motivasi Belajar

Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19 Mahasiswa Prodi Ppkn Universitas Darma

Agung Medan . jurnal kewarganegaraan, 02-06.

Mustoip, S. J. (2018). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN. Surabaya: CV. Jakad Publishing.

Palitin, I. D. (2019). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Magistra:

Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, , 101-109

Qodim, H. (2023). Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata (Kkn Sisdamas) Moderasi

Beragama. Bandung: Pusat Pengabdian kepada Masyarakat.

Saefullah, A. (2023). Peran Orang Tua, Masyarakat dan Guru terhadap Motivasi Belajar

Siswa. Journal Education, 1-10.

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 01.

Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. . Jurnal

Pendidikan Ekonomi UM Metro, 73-82

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Riska Fikri Yanti, & Yulya Nur Rohmah Dewi. (2024). 21. IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD DAYEUH LUHUR . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(2), 219–231. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2580

Terbitan

Bagian

Articles