Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Dalam Membaca Al-Qur’an Tingkat Madrasah Sebagai Penunjang Belajar Di Madrasah Al-Muwahiddin

Authors

  • Rafii Athallah Aqsal UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Nisa Aulia UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Neneng Firda Nurhidayanti UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Motivasi belajar, Al-Qur’an, Madrasah

Abstract

Kurang kemampuan peserta didik di Madrasah Al-Muwahiddin membaca Al-Qur’an dengan tuliasan arab dikarenakan peserta didik kerap kali menggunakan Al-Qur’an yang memiliki tulisan latin. Tidak hanya itu, kurangnya tenaga pendidik dalam mengajar juga menjadi hambatan tersendiri dalam peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an bagi peserta didik. Sudah berbagai cara tenaga pendidik mencoba menutup tulisan latin tetapi kerap saja peserta didik mencoba mengambil kesempatan untuk bisa membaca tulisan latin pada Al-Qur’an. Oleh Karna itu, penulis mencoba terjun langsung untuk membantu proses belajar mengajar dengan melakspeserta didikan program mengajar dan membuka donasi Al-Qur’an tanpa tulisan latin untuk Madrasah Al-Muwahiddin. Tujuan dari pengabdian ini yaitu membantu kurangnya tenaga pendidik, tak hanya itu mahasiswa juga ingin meningkatkan motivasi membaca Al-Qur’an dengan tulisan arab terhadap peserta didik di Madrasah Al-Muwahiddin. Adapun hasilnya tenaga pendidik dan peserta didik bisa terbantu dengan adanya tenaga pendidik tambahan dan donasi Al-Qur’an tanpa tulisan latin yang memotivasi agar bisa membaca Al-Qur’an dengan tulisan arab yang baik dan benar.

References

Akbar, F. (2019). PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA Al QURAN SISWA KELAS III DI SDN 69 KABANTA KOTA BIMA. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 3(1), 30–44. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v3i1.375

Arsyad, A., & Salahudin, S. (2018). Hubungan Kemampuan Membaca Al Qur’an Dan Minat Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (Pai). EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16(2), 179–190. https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i2.476

Della Indah Fitriani, & Fitroh Hayati. (2020). Penerapan Metode Tahsin untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 15–30. https://doi.org/10.35316/jpii.v5i1.227

Erpida, J., Anwar, A., & Hitami, M. (2022). Konsep Pendidikan Dalam Al Quran. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 19(1), 1–12. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v19i1.384

Muhammad Mukhofifin, Fatimah Azzahra, & Ahmad Saefudin. (2022). Korelasi Antara Perhatian Orang Tua Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Madrasah Ibtida’iyah Negeri Bawu Jepara. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(2), 200–208. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i2.314

Putra, P., & Syafrudin, S. (2020). Scramble Learning Model to Improve the Ability Reading the Quran in Elementary School/Model Pembelajaran Scramble untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits di Madrasah Ibtidaiyah. Journal AL-MUDARRIS, 3(1), 26. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v3i1.332

Syaifullah, M. (2017). Penerapan Metode An-Nahdliyah dan Metode Iqro’ dalam Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Kajian Ilmu Pendidikan, 2(1), 131–162.

Syaikhu, A. (2020). URGENSI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN BAGI SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH. Jurnal Auladuna, c, 37–49.

Downloads

Published

2023-09-11

How to Cite

Aqsal, R. A., Nisa Aulia, & Neneng Firda Nurhidayanti. (2023). Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Dalam Membaca Al-Qur’an Tingkat Madrasah Sebagai Penunjang Belajar Di Madrasah Al-Muwahiddin. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(1), 1–8. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2565