15 Metode Role Playing dalam Peningkatan Keterampilan Berbahasa Arab Sekolah Dasar di Desa Karyamukti

Penulis

  • Fazri Achmad Anugrah Sitepu UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mochamad Ilham UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Azmi Wahdani UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Bahasa Arab, Metode bermain peran, Pendidikan, Pembelajaran

Abstrak

Pendidikan merupakan prasyarat tumbuh kembang anak dalam kehidupan, dengan kata lain pendidikan harus mengarahkan seluruh kekuatan kodrat yang ada pada diri anak tersebut, sehingga mereka mencapai rasa aman dan bahagia yang setinggi-tingginya sebagai manusia dan  anggota masyarakat. Belajar pada hakikatnya adalah berinteraksi dengan situasi  di sekitar seseorang. Proses pembelajaran ditandai dengan perubahan output  pada siswa berupa hasil belajar yang baik dan peningkatan motivasi belajar. Bahasa adalah alat komunikasi yang dipelajari seseorang sejak lahir, terlepas dari kemampuan berbahasa Arab yang sangat penting untuk masa depan. Namun bagi sebagian orang belajar bahasa Arab sangatlah sulit, sehingga harus menggunakan metode yang mempermudah belajar bahasa Arab  yaitu  metode role playing sebagai cara belajar yang menyenangkan. Kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan mereka terutama dalam kosakata  bahasa Arab sehari-hari. Selain itu, komitmen kami untuk belajar bahasa Arab adalah memberikan akses bahasa Arab yang terbatas pada pendidikan sekolah

Referensi

Faridah, Lutfi Ulfah. 2017. Pengenalan Bahasa Arab Sejak Dini, (Online), https://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/151 , Diakses 20 Agustus 2023

Kentjono, Djoko.1990. Dasar-Dasar Linguistik Umum. Universitas Indonesia.

Bromley, K.D. 1992. Language Arts: Exploring Connections (2nd ed). Boston: Allyn

and Bacon.

Sari, Mayang. 2012. Peningkatan Pengenalan Bahasa Inggris Anak Dengan Total Pshycal Response Di Taman Kana-Kanak Negeri Pembina Kabupaten Sijunjung. Padang: Universitas Negeri Padang

Yulinar. 2012. Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Melalui Permainan Kartu Bergambar Taman Kanak-Kanak Pasaman Barat. Jurnal Pesona 1 PAUD, Vol. 1, No. 1

Gumelar, A. A., Faozan, F. M., Nugraha, M. A., Amelia, T., Apipah, Y., & Ridwanullah, A. I. (2021). Kkn Sisdamas: Maksimalisasi Pemberdayaan Masyarakat dan Merdeka Belajar dalam Unit Pendidikan di Desa Cimuncang. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(54), 31-39

Arlin, A. F. P., & Mulyani, H. (2021). Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar dan Pemberdayaan Pertanian di Pondok Pesantren Miftahul Mukhlisin. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(54), 71-81

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Sitepu, F. A. A., Mochamad Ilham, & Azmi Wahdani. (2024). 15 Metode Role Playing dalam Peningkatan Keterampilan Berbahasa Arab Sekolah Dasar di Desa Karyamukti. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(3), 150–161. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2539

Terbitan

Bagian

Articles