24. GERAKAN LITERASI DALAM MENINGKATKAN KELANCARAN MEMBACA PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI SDN RANCASENGGANG

Penulis

  • Nisa Ariyanti Nisa
  • Imron Abdullah UIN Sunan Gunung Djati
  • Silmi Kaffah UIN Sunan Gunung Djati

Kata Kunci:

Gerakan, Literasi, KKN, Pengabdian, Rancasenggang

Abstrak

Kelancaran membaca siswa di SDN Rancasenggang, Desa Rancasenggang cukup baik dan diperlukan adanya pembiasaan literasi dalam meningkatkan kelancaran membaca pada anak sekolah dasar di Desa Rancasenggang. Sumber daya tenaga kependidikan terbilang cukup dan dikatakan kurang bila harus mengajar dengan jumlah siswa yang tidak sebanding. Tujuan dari diadakannya gerakan literasi ini adalah untuk meningkatkan kelancaran membaca pada anak sekolah SDN Rancasenggang yang diadakan setiap pagi hari sebelum dimulai proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah dengan terjun langsung ke lapangan untuk memulai gerakan literasi membaca, Hasil dari kegiatan gerakan literasi sebagai salah satu program pengabdian KKN 292 ini adalah tinggginya semangat siswa untuk membaca dan rasa ingin membaca sehingga lambat laun siswa-siswi di SDN Rancasenggang mulai meningkatkan budaya literasi membaca di sekolah tersebut.

Referensi

Arifudin, O. (2020). Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung

: Widina Bhakti Persada.

Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas

Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.

Hanafiah, H. (2022). Implementation Of Character Strengthening In Boarding

School Students. International Journal of Education and Digital Learning

(IJEDL), 1(2), 49–54.

Irwansyah, R. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Bandung : Widina Bhakti

Persada.

MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), 161–169.

Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung : Widina Bhakti

Persada.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Nisa Ariyanti, Imron Abdullah, & Silmi Kaffah. (2024). 24. GERAKAN LITERASI DALAM MENINGKATKAN KELANCARAN MEMBACA PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI SDN RANCASENGGANG. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(2), 259–264. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2521

Terbitan

Bagian

Articles