Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Agama Islam di Pondok Pesantren Pengkolan Bandasari

Penulis

  • SalsabilaNur nurafifah Mahasiswa
  • Fathir Fathur Rahman
  • Yustika Ayu

Kata Kunci:

Kuliah Kerja Nyata,Pondok Pesantren Pendidikan,Mahasiswa

Abstrak

egiatan Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) merupakan salah satu bentuk dari pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh Mahasiswa sebagai bagian dari kurikulum perguruan tinggi Indonesia. Kuliah Kerja Nyata Pada dasarnya bertujuan untuk memberikan pengalaman pada mahasiswa dalam bidang manajerial,serta memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal, dan menghayati permasalahan di lingkungan masyarakatyang terkait dengan kegiatan kemasyarakatan. Kegiatan KKN Di Pondok Pesantren Pengkolan Desa Bandasari,merupakan salah satu inmplementasi dimana para mahasiswa berperan sebagai tenaga pengajar di Pondok Pesantren tersebut untuk membantu anak-anak dalam menahami dan menghafal Al-Qur’an. Pondok Pesantren Merupakan Lembaga yang bergerak dibidang keagamaan,akan tetapi pada zaman ssekarang banyak dari kalangan masyakat atau pun orang tua yang kurang memperhatikan anak-anaknya untuk mengikuti pembelajaran tentang keagamaan seperti yang ada di Pondok Pesantren Pengkolan Desa Bandasari ini. Dalam pelaksanaannya mahasiswa menghadapi berbagai tantangan,termasuk keterbatasan sumber daya pengajar,serta kurangnya fasilitas Pendidikan yang memadai. Namun melalui kolaborasi antara mahasiswa dan Masyarakat,maka dari itu berbagai solusi telah ditemukan ,selain itu hubungan Masyarakat juga dapat memberikan manfaat dalam jangka Panjang. Oleh karena itu kegatan KKN di Pondok Pesantren Pengkolan Desa Bandasari memiliki tujuan untuk mengetahui minat anak-anak yang berada dilingkungan pesantren dalam mempelajari Al- Qur’an serta meningkatkan kualitas Pendidikan agama islam ditingkat pesantren serta untuk memperkuat keterlibatan mahasiswa dalam pengembangan Masyarakat. Metode yang dilakukan selama kegiatan iniyaitu dengan memberikan materi dan melakukan pengajaran. Dari hasil kegiatan ini dapat disimpulkan bahwasannya minat anak-anak dalam membaca Al-Qur’an ini dikategorikan tinggi,dikarenakan mengikuti pembelajaran dan melakukan kebiasaan tersebut secara rutin.

Referensi

Anwar, S. (2018). Pendidikan Islam dalam membangun karakter bangsa di era milenial. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 233-247.

Hidayat, N. (2019). Model Kuliah Kerja Nyata (KKN) integratif interkonektif berbasis pada pengembangan masyarakat yang produktif inovatif dan kreatif. Panangkaran: Jurnal Penelitian Agama Dan Masyarakat, 2(2), 219-238.

Nomor, Undang-Undang. "Tahun 2003 Mengenai Sistem Pendidikan Nasional." (20).

Saihu, Made. Manajemen Berbasis Sekolah, Madrasah, dan Pesantren. Yapin An-Namiyah, 2020.

Suryana, Sayan. "Peran perguruan tinggi dalam pemberdayaan masyarakat." Jurnal Pendidikan Islam Rabbani 2.2 (2018).

Umar, M. (2019). Urgensi nilai-nilai religius dalam kehidupan masyarakat heterogen Di Indonesia. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 71-77.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

nurafifah, S., Rahman, F. F. ., & Ayu, Y. . (2024). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Agama Islam di Pondok Pesantren Pengkolan Bandasari. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(5), 1–7. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2518

Terbitan

Bagian

Articles