Peran Guru Terhadap Penggunaan Gadget dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar

Authors

  • Nida Halidatusakinah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nur Alia Sholehah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Zakiatush Sholihah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Khoirudin Muchtar UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Peran Guru, Motivasi Belajar, Bimbingan Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendapatkan informasi terkait kendala proses belajar mengajar secara online di rumah akibat adanya pandemi Covid-19 di Desa Haurngombong serta mencari upaya penyelesaiannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data wawancara, digunakan untuk mendapatkan informasi kendala dan akibat pandemi Covid-19 terhadap kegiatan belajar mengajar dan observasi langsung kepada siswa kelas VI Sekolah Dasar di Desa Haurngombong. Wawancara ini dilaksanakan dengan beberapa guru, dan orang tua siswa. Dalam penelitian ini, terdapat 2 Sekolah Dasar di Desa Haurngombong yang menjadi sasaran pelaksanaan program KKN Mengajar. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat beberapa kendala yang dialami oleh murid, guru dan orang tua dalam kegiatan belajar mengajar dengan sistem daring, yaitu kurangnya penguasaan tekhnologi, sinyal yang tidak stabil, penambahan biaya pengeluaran untuk kuota internet, penggunaan gadget meningkat, bertambahnya tanggung jawab orang tua dalam mendampingi anak belajar serta murid yang tidak mandiri dalam mengerjakan pekerjaan rumah yang keseluruhannya ini berdampak pada menurunnya motivasi belajar siswa. Manfaat dari penelitian ini adalah didapatnya upaya meminimalisir penggunaan gadget serta upaya meningkatkan motivasi belajar anak Sekolah Dasar berupa peran guru dalam mengadakan bimbingan belajar.

References

Asmani, J. M. (2009). Manajemen Pengelolaan dan Kepemimpinan Pendidikan Profesional. Yogyakarta: Diva Press.

Fadlilah, A. N. (2020). Strategi menghidupkan motivasi belajar anak usia dini selama pandemi covid-19 melalui publikasi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 373-384.

Gunawan, H. (2014). Pendidikan Islam: Kajian Teoretis dan Pemikiran Tokoh. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Purwanto, A. P. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1).

Sudjana, N. d. (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Downloads

Published

2021-12-06

How to Cite

Halidatusakinah, N. ., Sholehah, N. A., Sholihah, Z., & Muchtar, K. (2021). Peran Guru Terhadap Penggunaan Gadget dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(25), 1–6. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/250

Issue

Section

Articles