Pembedayaan Ibu-Ibu Masyarakat Leuwi Gajah Melalui Program Pengajian Rutin Shubuh Di Majelis Taklim Miftahus Shiddiq

Authors

  • Alisha Andriyani UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Perempuan, Pendidikan, Majelis Taklim

Abstract

Majelis Taklim merupakan salah satu lembaga pendidikan non formal, tempat menimba ilmu dan mensyiarkan agama, dimana di dalamnya disampaikan materi-materi agama melalui kajian yang disampaikan oleh ustadz. Hasil pengabdian menunjukan bahwa keberhasilan dapat dicapai melalui program pengajian rutin shubuh yang dilakukan di Mesjid Miftahus Shiddiq, Kel. Leuwi Gajah, Kota Cimahi. Penerapan model ini dimulai sejak refleksi sosial, perencanaan partisipatif, dan hingga pelaksanaan program. Keberhasilan pengabdian ini dilihat dari indikator perubahan karakter pada ibu-ibu dan antusiasme dalam melakukan kegiatan tersebut. Adapun indikator perubahan karakter ibu-ibu meliputi timbulnya semangat menuntut ilmu dan terjalinnya silaturahmi yang baik sesama warga setempat. Pengabdian ini menyimpulkan bahwa program pengajian shubuh ini memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap wawasan keilmuan bagi perempuan, khususnya bagi ibu-ibu yang merupakan madrasah pertama bagi anaknya.

References

Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Edisi 6 Vol. 1, 62-71.

Hasbullah. (1996). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali.

Helmawati. (2018). Meningkatkan Pendidikan Perempuan Indonesia Melalui Optimalisasi Majelis Ta'lim. INSANCINA, 66.

Maesaroh Lubis. (2018). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Mohammad Daud Ali. (2011). Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Rajawali Pers.

Muzayyin Arifin. (2011). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2022-02-03

How to Cite

Andriyani, A. . (2022). Pembedayaan Ibu-Ibu Masyarakat Leuwi Gajah Melalui Program Pengajian Rutin Shubuh Di Majelis Taklim Miftahus Shiddiq. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(79), 9–15. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/25

Issue

Section

Articles