Pembuatan Tempat Sampah (TATAKURA) Di Dusun 1 Desa Citapen Kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung Barat

Penulis

  • Alya Nurhayati UIN SGD Bandung
  • Salsa Ivanka Sesillian UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Vicka Novianti Rahayu UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Lingkungan, Pengabdian, dan Tempat Sampah

Abstrak

Lingkungan merupakan suatu ruang yang ditempati oleh makhluk hidup bersamaan dengan benda hidup dan tidak hidup yang mana didalamnya tumbuhan, hewan, dan manusia. Kesadaran lingkungan merupakan tindakan seseorang untuk memahami bagaimana pentingnya lingkungan yang sehat, bersih, dan sebagainya. Berdasarkan hasil observasi dan studi dokumentasi, kelompok 248 Kuliah Kerja Nyata berbasis pemberdayaan masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung menemukan permasalahan terhadap kesadaran lingkungan masyarakat Desa Citapen, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat khususnya Dusun 1 yang mencakup Rw 1, 2, 3, dan 8 dalam menjaga lingkungan sekitar seperti halnya tidak membuang sampah pada tempatnya dan pengelolaan sampah yang kurang baik. Tujuan dari pemberdayaan. yang dilakukan oleh Kelompok 248 ini bertujuan untuk bersinergi dengan masyarakat dalam program pemberdayaan masyarakat Desa Citapenn untuk meningkatkan masyarakat terhadap kesadaran lingkungan. Dengan metode yang diadopsi dari petunjuk dan  teknis pelaksanaan KKN berbasis Sisdamas dengan tahapan yang terdiri dari 4 siklus adapun hasil dari kegiatan pemberdayaan bersama masyarakat ini yaitu pembuatan dan pembagian tempat sampah yang nantinya akan menjadikan masyarakat selalu menjaga lingkungan sekitar salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan, juga sikap dan tingkah laku manusia yang menghargai lingkungan sekitar yang akan  menimbulkan tindakan nyata untuk menjaga lingkungan dan  mengelola sampah dengan lebih baik.

Referensi

Agus Afandi et al., Metodologi Pengabdian Masyarakat, ed. Suwendi, Basir Abd, and Wahyudi Jarot (Jakarta : Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, 2022).

Enervon.co.id, “5 Ciri- Ciri Lingkungan Tidak Sehat Yang Perlu Diperhatikan,” https://www.enervon.co.id/article/676/berikut-ini-ciri-ciri-lingkungan-tidak-sehat-yang-perlu-kamu-perhatikan, Agustus 25, 2021.

Fizay Muhamad Faozan, M. Ardi Nugraha, Tia Amelia, Yusri Apipah, Ade Iwan Ridwanullah Anggi Agum Gumelar, “Kkn Sisdamas: Maksimalisasi Pemberdayaan Masyarakat Dan Merdeka Belajar Dalam Unit Pendidikan Di Desa Cimuncang,” Proceedings Vol: I No: LIV (Desember 2021): 25.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Nurhayati, A., Sesillian, S. I., & Rahayu, V. N. (2024). Pembuatan Tempat Sampah (TATAKURA) Di Dusun 1 Desa Citapen Kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung Barat. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(6), 1–12. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2498

Terbitan

Bagian

Articles