Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Kelas 1 di SDN Bakti Mulya

Authors

  • Putri Salsabila Sungkar UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Indi Ayu Putri
  • Nasywa Audriyani

Keywords:

Penerapan Metode Bernyanyi, Semangat Belajar, SDN Bakti Mulya

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam mewujudkan peradaban manusia yang lebih baik dan dapat diberikan melalui lingkungan sekolah. Pendidikan dasar merupakan tahapan awal dalam pembentukan dasar pengetahuan dan karakter siswa. Salah satu hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran di sekolah dasar adalah semangat belajar siswa yang mana dapat menjadi faktor penentu keberhasilan dalam memahami materi pelajaran dan meraih prestasi akademik yang baik. Menggunakan metode menyanyi dalam proses pembelajaran bisa menjadi strategi yang efisien untuk meningkatkan semangat belajar para siswa di SD Bakti Mulya. Tujuan dibentuknya artikel ini adalah untuk  menganalisis penerapan metode bernyanyi sebagai solusi potensial untuk meningkatkan semangat belajar siswa kelas 1 di SD Bakti Mulya. Metode pengabdian yang digunakan yaitu metode berbasis pemberdayaan masyarakat yang memiliki empat tahapan siklus yaitu 1) Refleksi Sosial; 2) Pemetaan Sosial dan Pengorganisasian Masyarakat; (3) Perencanaan Kegiatan; dan 4) Pelaksanaan Program dan Evaluasi. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan metode bernyanyi kepada siswa SDN Bakti Mulya dapat dikatakan berhasil karena memiliki dampak positif yang signifikan pada siswa kelas 1 di SDN Bakti Mulya dan dapat meningkatkan semangat belajar siswa-siswi dan membuat mereka lebih antusias dan termotivasi untuk menghadiri sekolah dan mengejar pengetahuan.

Kata Kunci: Penerapan Metode Bernyanyi, Semangat Belajar, SDN Bakti Mulya

References

Hadija, Charles Kapile, and Juraid. “Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Murid Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPS Di SDN No. 2 Tamarenja Kecamatan Sindue Tobata.” Jurnal Kreatif Tadulako Online 4 (8) (2017): 11–30.

Kurniati, Kartika Nurwita, and Sri Watini. “Implementasi Metode Bernyanyi Asyik Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Anak Di Raudhatul Athfal Al Islam Petalabumi.” AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 08 (3) (2022): 1873–92.

Nuramalia, Siti. “Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar.” OSF Preprints, 2023, 1–4.

Rahma, Nurul Mega. “Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 3 SD Pada Mata Pelajaran PAI Di SD Al Wathoniyah 9 Jakarta.” Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta, 2022.

Ridwan, and Fajar Awaluddin. “Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Raodhatul Athfal.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 13 (1) (2019): 56–67.

Suhaeri, Wardah. “Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Al-Qur’an Di SD Islam Al Azhar 2 Pasar Minggu.” Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta, 2021.

Sunarya, Risa Rahmawati, and Anisa Nurul Shafwah. “Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Keagamaan Diniyah Anak.” Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung 1 (2021): 59–69.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Sungkar, P. S., Ayu Putri, I. ., & Audriyani, N. (2024). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Kelas 1 di SDN Bakti Mulya. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(1), 1–11. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2488

Issue

Section

Articles