Peran Strategis Bank Sampah dalam Upaya Pengelolaan Limbah Berkelanjutan di Desa Rancasenggang

Penulis

  • Putri Tarana Srinarulita Herliani UIN SGD Bandung
  • Raissa Azarine UIN SGD Bandung
  • Muhammad Ma'ruf UIN SGD Bandung

Kata Kunci:

Rancasenggang, Bank sampah, KKN, Program, Masyarakat

Abstrak

Penelitian di Desa Rancasenggang, Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat menerapkan pendekatan kualitatif dengan data yang telah dikumpulkan selama KKN Sisdamas berlangsung. Fokus penelitian ini adalah mengulas tentang peran strategis bank sampah dalam upaya pengelolaan limbah yang berkelanjutan. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa bank sampah yang didirikan oleh mahasiswa dengan partisipasi warga mampu memberikan pengaruh yang besar dalam mengurangi jumlah limbah, menyebarkan pengetahuan lingkungan, meningkatkan ekonomi masyarakat dari pengelolaan limbah yang ada, serta mendukung agenda pembangunan bank sampah. Temuan dari penelitian ini memiliki implikasi yang sangat relevan dalam rangka mengembangkan solusi pengelolaan limbah berkelanjutan di lingkup desa, terutama di Desa Rancasenggang ini.  

 

Referensi

Afandi,Agus dkk.2022. Metodologi Pengabdian Masyarakat. Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Putri Tarana Srinarulita Herliani, Azarine , R. ., & Ma’ruf, M. (2024). Peran Strategis Bank Sampah dalam Upaya Pengelolaan Limbah Berkelanjutan di Desa Rancasenggang. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(7), 327–333. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2482

Terbitan

Bagian

Articles