16 Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM di Desa Tenjolaya Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung

Authors

  • Risna Destiana Sari UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • hera UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nasya UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rama UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ikhwan Aulia Fatahillah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

UMKM, Digital Marketing, KKN Sisdamas, Tenjolaya Pasirjambu

Abstract

Kemajuan teknologi era globalisasi sekarang ini memudahkan manusia untuk melakukan banyak hal, salah satunya adalah Digital Marketing yaitu pemasaran digital. permasalahan yang terjadi di Desa Tenjolaya adalah pemasaran produk UMKM yang hanya sebatas di desa tersebut. menyikapi hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Tenjolaya, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung. Supaya produknya tidak hanya di jual di desa tersebut saja, tetapi dijual keluar desa atau daerah lain. Metode yang digunakan diambil dari siklus-siklus KKN Sisdamas yang sudah dijalankan. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi terhadap masyarakat selaku pelaku UMKM. hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui bantuan peserta KKN berupa sosialisasi, pelatihan dan pembimbingan penggunaan smartphone, masyarakat dibantu dengan cara dibuatkan Marketplace dan dibantu mengoperasikan Marketplace nya agar dapat menjual produknya disana.

References

Fridayanti., Sururie, W.W., Aziz, R., Uriawan, W., Zulqiah., & Mardiansyah, Y. 2019. Model

KKN Sisdamas UIN Sunan Gunung Djati Bandung: Tantangan dan Peluang Pelaksanaan. Alkhidmat: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, Vol2(1), 23- 27.

Kotler, P. & Armstrong, G. 1997. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga

Pramuditya, D. 2014. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Tingkat

Pemerintahan Desa. Jurnal Penelitian Komunikasi, Vol17(2), 129-140.

https://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/EBISMEN/article/download/37/42/120

https://jurnal.saburai.id/index.php/PSN/article/view/1452

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Risna Destiana Sari, Nurfitri Rahayu, H. ., Aulia Yusup Safitri , N., Anugrah Hermawan, R., & Aulia Fatahillah, I. (2024). 16 Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM di Desa Tenjolaya Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(3), 162–169. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2456

Issue

Section

Articles